Nunukan

Sosialisasi Pendidikan Pemilih : “Membangun Kesadaran Politik dan Peran Pemuda Dalam Demokrasi”

Loading

TERASNKRI.COM | NUNUKAN, KALTARA – KPU Kabupaten Nunukan Melalui PPK Sebatik Tengah menggelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemula bertema “Membangun Kesadaran Politik Dan Peran Pemuda Dalam Demokrasi”.

Kegiatan tersebut mengundang sejumlah peserta diantaranya pelajar SMAN 1 Sebatik Tengah dan pemuda-pemudi perwakilan dari 4 Desa Se-Kecamatan Sebatik Tengah.

Camat Sebatik Tengah, Aris Nur, S.STP hadir sebagai pemateri, Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Abdi Praja Kecamatan Sebatik Tengah pada hari Jumat, 04 Oktober 2024 menghadirkan Camat Sebatik Tengah Aris Nur, S.STP sebagai pemateri  ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman politik dan partisipasi generasi muda dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 27 November 2024.

Ketua PPK Sebatik Tengah Asdar, membuka Sosialisasi secara resmi, dalam sambutannya Asdar menyampaikan bahwa pemilih pemula di Sebatik Tengah memiliki jumlah yang cukup besar.

 

“Perilaku pemilih pemula yang cenderung labil terhadap dunia politik menyebabkan kesadaran dalam berpolitik kurang dan dapat mengakibatkan rendahnya tingkat partisipasi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) nanti. Diharapkan dalam rangka Pilkada, pemilih pemula berperan aktif untuk menyukseskan serta menggunakan hak pilihnya untuk menentukan pemimpin daerah yakni Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Utara serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nunukan” ujar Asdar.

Baca Juga  KPUD Nunukan Tetapkan Paslon “AMANAH” Memenuhi Persyaratan

Lebih lanjut Asdar menyampaikan, hal tersebut menjadi atensi bagi PPK untuk memastikan hak pemilih pemula terpenuhi dan mereka dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik saat Pilkada.

Asdar juga menyampaikan bahwa penting bagi pemilih pemula untuk memahami esensi dan tujuan dari demokrasi, termasuk nilai-nilai substansi dari demokrasi sehingga dapat menjadi pembelajaran untuk pemilih pemula dan menjadi bekal dalam pemilihan nantinya.

“Kita berharap pemilih pemula bukan hanya sekedar menjadi objek pemilih. Artinya pemilih pemula ini kita harap sebagai benteng untuk memerangi politik sara, masalah-masalah politik lainnnya. Sehingga hal ini dapat diterapkan dari usia awal pemilih.” terangnya dalam sosialisasi dan edukasi pemilih tersebut.

Acara yang diadakan di Aula Abdi Praja Kecamatan Sebatik Tengah hari ini menjadi moment penting bagi generasi muda untuk mendapatkan pemahaman langsung arahan dari Camat Sebatik Tengah dan para narasumber. Dalam kesempatan ini, Anggota PPK Sebatik Tengah, Hilarius membagikan pandangan mendalam bagi pemuda mengenai pentingnya peran pemilih, proses pemilihan, serta bagaimana pemuda bisa turut serta dalam membentuk masa depan negara.

Baca Juga  Ketua DPRD Hj. Rahma Leppa Pimpin Paripurna Persetujuan Ranperda Perubahan APBD TA 2021

Sementara itu, Camat Sebatik Tengah, Aris Nur, S.STP dengan penuh antusiasme menyampaikan, “Partisipasi dalam Pemilukada adalah kunci dari pondasi demokrasi yang kuat. Pemuda memiliki peran yang sangat vital dalam menentukan arah masa depan negara kita. Saya sangat berharap, melalui kesempatan ini, mereka akan merasakan betapa pentingnya suara mereka dalam menentukan pemimpin yang akan mewakili kepentingan mereka.”

Aris Nur menambahkan, pentingnya pendidikan pemilih di tengah arus informasi yang begitu deras.

“Pemuda harus mampu mengenali informasi yang valid, memahami visi dan misi calon, serta mempertimbangkan dengan bijaksana sebelum memilih. Ini adalah hak yang harus dilaksanakan dengan kesadaran dan tanggung jawab penuh” terang Aris Nur.

Sesi sosialisasi ini menjadi langkah awal yang sangat penting bagi pemilih pemula dalam memahami dan merasakan tanggung jawab mereka sebagai bagian integral dari proses demokrasi. Diharapkan, semangat dari para narasumber yang berpengalaman ini dapat mendorong generasi muda untuk aktif berpartisipasi dalam Pilkada 2024, menjadikan suara mereka sebagai kekuatan yang mengubah masa depan bangsa.

Baca Juga  Jerigen Berisi Sabu Dibuang Kelaut Untuk Kelabui Petugas

 

Acara ini juga menjadi bukti nyata dari komitmen KPU Provinsi Kalimantan Utara melalui KPU Kabupaten Nunukan beserta jajarannya dalam mendukung pendidikan demokrasi dan keterlibatan aktif pemilih muda dalam proses politik.

Harapannya peserta bersemangat dan termotivasi untuk lebih memahami, terlibat, dan bertanggung jawab dalam menjalankan hak suara mereka di masa mendatang.

Ditemui usai kegiatan Sosialisasi, Camat Sebatik Tengah Aris Nur menyampaika, kegiatan seperti ini sangat penting sekali mengingat pemilih pemula perlu mendapatkan informasi sehingga menjadi pemilih yang cerdas dalam memnentukan pilihannya.

“Pemilih pemula ini perlu mendapat informasi – informasi, harapan kita, usai mengikuti sosialisasi ini, mereka yang merupakan pemilih pemula bisa menyampaikan kepada rekan – rekan mereka yang juga pemilih pemula yang hari ini tdak dapat mengikuti kegiatan sosialisasi ini, kemudian untuk jangka panjangnya, pengetahuan mereka lebih bertambah dalam menggunakan hak pilihnya nanti dalam pemilukada serentak dengan baik” pungkas Camat Sebatik Tengah, Aris Nur. (Syam Ozzie/Editor : Sahar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *