Kalimantan UtaraPemprov Kaltara

Gubernur Dorong Peran Perpusdes Tingkatkan Budaya Membaca

Loading

RESMI DITUTUP: Gubernur Kaltara, Zainal A. Paliwang, secara resmi menutup Festival Literasi Kaltara 2024 dalam acara puncak yang berlangsung di Lapangan Aztrada 88, Sei Taiwan, Sebatik, Selasa (17/9/2024). Foto : DKISP Kaltara

TERASNKRI.COM | SEBATIK, KALTARA – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Dr. H. Zainal A. Paliwang, SH, M.Hum, resmi menutup Festival Literasi Kaltara 2024 dalam acara puncak yang digelar di Lapangan Aztrada 88, Sei Taiwan, Sebatik, pada Selasa (17/9/2024).

Festival ini berlangsung meriah dengan partisipasi aktif masyarakat sejak pagi, diawali dengan senam bersama, pameran produk literasi, gerakan budaya membaca, hingga berbagai ajang lomba literasi. Kehadiran hiburan dari Patent Band, Inka Christie, dan Farel Prayoga turut memeriahkan acara tersebut.

Baca Juga  Kapolda Kaltara Resmikan Pos Brimob Sebatik

Dalam sambutannya, Gubenur menyampaikan apresiasi kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltara yang sukses menggelar festival dengan tema “Literasi di Perbatasan”.

Menurutnya, literasi sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, yang akan berdampak pada kemajuan daerah.

Baca Juga  Serahkan Bantuan, Gubernur Ajak Perusahaan di Bunyu bantu Masyarakat Jaga Kesehatan

“Semakin banyak membaca, semakin luas pengetahuan kita. Kebiasaan membaca harus dipupuk setiap hari, tidak hanya saat sekolah, tetapi hingga kita tua,” ujar Gubernur Zainal Paliwang.

Gubernur Zainal juga menekankan pentingnya peran perpustakaan, khususnya perpustakaan desa (Perpusdes), dalam menjangkau masyarakat yang berada di daerah tanpa akses komunikasi yang memadai.

Ia pun berharap Perpusdes bisa menjadi solusi untuk meningkatkan minat baca di wilayah terpencil.

Baca Juga  Dorong Peluang Kerjasama Pembangunan dengan Finlandia

“Saya berharap setiap desa di Kaltara memiliki perpustakaan desa atau minimal taman bacaan masyarakat,” pungkasnya.

Gubernur juga mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba serta mendorong yang belum berhasil untuk terus berusaha.

Turut hadir Bunda Literasi Kaltara, Hj. Rahmawati Zainal, Kepala DPK Kaltara, Ilham Zain, beserta jajaran pejabat lainnya. (TN-Adv/DKISP Kaltara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *