BuruNusantara

Komitmen Kawal Data Pemilih, Bawaslu Buru Hadiri Pleno Penetapan DPS Pilkada 2024

Loading

TERASNKRI.COM | BURU, MALUKU – Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu) Kabupaten Buru mengawasi secara melekat rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih sementara (DPS) tingkat kabupaten di kantor KPU Buru, Minggu (11/8/2024).

Komisioner Bawaslu Buru, juga Anggota Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (Kordiv HP2H), Taufik Fanolong, dan Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S), Epsus K Tomhisa menghadiri rapat pleno tersebut.

Baca Juga  Pertina Sulut Gelar Sparing Antar Sasana se - Sulut

Taufik Fanolong mengatakan, pihaknya terlibat dalam pengawasan, agar bisa memastikan proses berjalan sesuai mekanisme.

“Kami dari bawaslu hadir untuk mengawasi dan memastikan keakuratan data pemilih,” kata Fanolong.

Dirinya menyebutkan, Bawaslu Kabupaten bersama jajaran Panwaslu Kecamatan dan Panwas Kelurahan/Desa (PKD) telah melakukan pengawasan melekat, dari mulai tahapan pencoklitan, penyusunan, rekapitulasi dan pleno tingkat desa, kecamatan hingga hari ini tingkat kabupaten.

“Kita melakukan kal itu untuk memastikan semua dilaksanakan tepat prosedur dan keakuratan data pemilih demi mengawal dan menjaga hak pilih masyarakat yang memenuhi syarat (MS), terakomodir dan tidak memenuhi syarat (TMS) tidak terakomodir,” ujar Fanolong.

Baca Juga  Buka Raker Teknis TPPO Medsos di Kab. Buru, Rumakway: Humas Mempunyai Tanggung Jawab Penting

Diketahui, rapat pleno DPS Pilkada 2024 dibuka oleh Ketua KPU Buru, Walid Aziz, setelah membuka kegiatan, dirinya mempersilahkan masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk menyampaikan hasil pleno pada tingkat kecamatan.

Dari hasil Pleno yang disampaikan oleh masing-masing PPK, KPU menetapkan rekapitulasi DPS tingkat Kabupaten Buru.

Baca Juga  Bupati Buru Beri Sambutan Pada Kegiatan SKPP

Total keseluruhan DPS pada 10 kecamatan di Kabupaten Buru, sebanyak 95.420.

Dengan rincian DPS per kecamatan, Kecamatan Namlea 24.507, Kecamatan Waiapo 9.125, Kecamatan Lolong Guba 9.643, Kecamatan Wailata 10.654.

Berikutnya, Kecamatan Teluk Kaiely 2.976, Kecamatan Batabual 6.174. Kecamatan Lilialy 7.634, Kecamatan Waplau 8.869, Kecamatan Fenaleisela 7.872 dan Kecamatan Airbuaya 7.966 DPS. (Grace)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *