MinselNusantaraOtonomi Daerah

Bupati dan Wabup Minahasa Selatan Ikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-25 Tahun 2021

Loading

TERASNKRI.COM | MINSEL, SULUT – Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar SH., Bersama Wakil Bupati Minahasa Selatan Pdt.Petra Yani Rembang M.Th mengikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah ke – 25 Tahun 2021.
Acara di gelar di ruang kerja Bupati yang di buka langsung oleh wakil Presiden R.I K.H.Ma’ruf Amin secara Virtual (senin 26 April 2021).

Tema dalam memperingati hari Otonomi Daerah ke -25 tahun 2021 bertemakan ” Bangun Semangat Kerja Dan Tingkatkan Gotong Royong Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit, Indonesia Maju”.

Dalam sambutan Wakil Presiden R.I K.H Ma’ruf Amin mengatakan bahwa peringatan Hari Otonomi Daerah saat ini, merupakan Momentum yang tepat untuk melihat kembali Dinamika serta tantangan yang dihadapi Pemerintah Daerah dimasa yang akan datang.

Baca Juga  Polres Pulau Buru Ungkap Kasus Pembuatan Surat Keterangan Palsu Rapid Tes Antigen

Penyelengaraan Otonomi Daerah merupakan bentuk pengakuan Pemerintah Pusat terhadap kemandirian Daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan Pemerintah daerah dalam rangka mencapai tujuan peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.”, Ungkap Wapres K.H Ma’ruf Amin”

Disampaikan lagi oleh Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin bahwa Pelaksanaan Otonomi Daerah yang berkualitas sangat membutuhkan Kepemimpinan Adaftif, Pemimpin yang mampu menghadapi berbagai situasi, cepat dan tepat dalam bertindak dan berorientasi pada pemecahan masalah dengan selalu menyesuaikan dirinya dengan perubahan serta keadaan.

Wapres juga mengatakan terkait efektivitas penyelenggaraan Pemerintah Daerah termasuk dalam masa Pandemi covid-19 perlunya merubah Paradigma Pemerintah dan Pembangunan yang masih berorientasi pada Business assusual atau rutinitas menjadi teknologi informasi dengan memanfaatkan modal budaya, SDM unggul,SDA, Teknologi informasi dan kearifan lokal sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing.

Baca Juga  Liga Pelajar SMA/SMK Se-Kabupaten Manggarai Timur Dibuka Secara Resmi Oleh Bupati Agas Andreas

Serta pentingnya sinergi dan koordinasi Pemerintahan secara kolaboratif baik antar Daerah, antar Pusat dan Daerah antar pemerintah dan swasta secara gotong royong yang akan menjadi salah satu kekuatan daya tahan ekonomi dan sosial masyarakat, “Sebut Wapres.

Lebih lanjut , Wapres juga menyampaikan bahwa pemetaan masalah dan kapasitas Pemerintah Daerah Berbasis data sebagai dasar pembuatan kebijakan. “di tengah pandemi Covid-19 menjadi contoh pentingnya ketersedian, kelengkapan dan akses data serta respon cepat dari pemerintah dan pemerintah daerah dalam menghadapi krisis. Proses Digitalisasi diseluruh aspek pelayanan pemerintah dan pembangunan sebagaimana kerangka open government di tingkat daerah semakin Relevan.”

Wapres juga memintah agar seluruh jajaran pemerintah daerah sebagai unjung tombak pemerintahan agar selalu menjadi contoh baik dalam berinovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik maupun dalam menegakan protokol kesehatan serta menyukseskan program vaksinasi di seluruh Indonesia. “Ungkapnya”.

Baca Juga  Bupati FDW Tandatangan Kerjasama Dengan PLN UPDK Minahasa Sebagai Bukti Bangun Minsel

Hadir dalam kegiatan bersama secara virtual tersebut Kapolres Minahasa selatan yang diwaliki oleh Wakapolres Kompol Varly A.Rewur,SH,MM., Dandim 1302 Minahasa yang diwakili oleh Pabung Kodim 1302 Minahasa di Minahasa Selatan Mayor INF Jus A.Ratag, dan Pimpinan DPRD kabupaten Minahasa Selatan atau Wakil Ketua DPRD Minahasa Selatan Stefanus D.N Lomowa S.E,.

Corry B

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *