InternasionalReligi

Begini Suasana Mina Ketika Didatangi Jamaah Haji

Loading

TERASNKRI.COM | MAKKAH, SA – Ibadah haji 2021 dimulai pada 8 Zulhijah yang tahun ini jatuh pada Minggu (18/7/2021). Ritual pertama ibadah haji adalah jemaah pergi ke Mina untuk bermalam.

Saat ini, para jemaah telah memasuki Mina secara bergelombang. Sebelumnya, mereka telah melakukan Tawaf Qudum atau Tawaf Kedatangan di Masjidil Haram. Jarak Masjidil Haram ke Mina sekitar 12 km, semuanya di Provinsi Makkah, Arab Saudi.

Baca Juga  Sekjen Kemhan Buka Seminar IKAHAN-UNHAN Upaya Implementasi Perkembangan Teknologi Pertahanan

Jemaah haji ke Mina diangkut dengan bus. Satu bus berisi 20 orang sebagai implementasi prokes jaga jarak.

Mina dikenal juga dengan sebutan Kota Tenda karena di sini banyak tenda yang setiap tahun digunakan jemaah haji menginap. Tenda tersebut mayoritas berwarna putih dan berasal dari material yang tahan api.

Tanggal 8 Zulhijah juga disebut Hari Tarwiyah dan umat Islam disunahkan melakukan ibadah puasa.

Baca Juga  Presiden Jokowi: Rajut Kembali ‘Bogor Goals’ pada Visi APEC Pasca-2020

Jemaah haji melewatkan Hari Tarwiyah di Mina dengan memperbanyak ibadah hingga malam hari.

Mereka akan bergerak menuju Padang Arafah pada Senin, 19 Juli atau 9 Zulhijah untuk melaksakan wukuf. Jarak Mina ke Arafah sekitar 13 km. Pada hari itu juga umat Islam disunahkan melakukan puasa Hari Arafah.
Jumlah jemaah haji pada tahun kedua pandemi COVID-19 ini sebanyak 60 ribu orang. Sebanyak 327 di antaranya merupakan WNI yang menetap di Saudi. (Source : kumparan.com)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *