Pemerintahan

New Normal, Bupati Malinau Harapkan RT Bersih Pembungkus Nilai Hidup Masyarakat Malinau

Loading

Bupati Malinau, DR Yansen TP, M.Si
TERASNKRI.COM | Malinau- Apel pagi perdana Pemerintah Kab. Malinau dlm penyesuaian sistem kerja ASN dan Non ASN berlangsung di halaman Kantor Bupati Malinau, pada Selasa (02/06).
 
“Hari ini kita semua diperhadapkan pada situasi dimana kita berada di bawah kendali, ketakutan, kekhawatiran terhadap segala sesuatu yang membuat kita membatasi gerak kita. Tapi hari ini juga kita mengambil sikap, untuk bagaimana kita tetap melangkah dengan pasti kedepan, dengan tetap menghadapi tantangan yang disebut Covid-19,” ujar Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si dalam arahannya saat menjadi Pembina Apel.
 
“Dalam 3 bulan terakhir banyak perubahan prilaku yang telah di jalani selama pandemi Covid-19 ini. Dimana kita merubah prilaku kita supaya kita bisa menjalani kehidupan sehari-hari. Walaupun dalam tekanan-tekanan mental, batin dan segala macamnya terutama yang berkaitan dengan ekonomi,” ucapnya.
 
 
Mengamati ini pemerintah pusat telah mencanangkan pelaksanaan New Normal atau Tatanan Hidup Baru yang artinya suatu yang diciptakan, tercipta, terwujud karena menghadapi situasi pandemi Corona.
 
“Idealnya kedepan kita harus kembali menciptakan kehidupan normal yang setara, mampu menghadapi Corona itu sendiri. Suka tidak suka kita harus kembali bekerja tetapi bekerja dengan tatanan baru,” terangnya.
 
Dr. Yansen juga menyampaikan untuk membuang jauh-jauh pikiran takut, membuang prilaku takut dalam sikap hidup kita, namun mengajak untuk memulai menata kembali kehidupan kita.
 
Meski Covid-19 ini ancaman tetapi bukan berarti ini menjadi sumber ketakutan. Maka seorang ASN juga harus mampu mengatur dan mengayomi masyarakat.
 
“Karena kita pejabat maka kitalah bagian-bagian dalam menggerakkan sendi-sendi penyelenggaraan pemerintah itu, di setiap unit kerja kita. Karena itu saya mengharapkan kesiapan kita untuk betul-betul bekerja membangun kesadaran masyarakat sehingga dengan demikian mereka mampu menghadapi situasi hidup di tengah Covid-19 yang masih menyerang kita,” jelasnya.
 
“Karena itu saya ingin berikan catatan penting untuk kita sesuai dengan anjuran dan nilai norma, kita ingin mengembalikan kegiatan sosial masyarakat, mengembalikan kegiatan ekonomi masyarakat, mengembalikan kegiatan pelayanan pada masyarakat, dengan catatan ada aturan, ada tatanan, ada nilai-nilai yang harus kita kuasai dan kita jalankan. Karena itu harapan saya kepada seluruh ASN, jadilah pelopor untuk mewujudkan itu,” harapnya.
 
 
Pada kesempatan ini juga Dr. Yansen bersyukur bahwa Malinau memiliki program Gerakan Desa Membangun (Gerdema) yang di dalamnya terdapat program unggulan yaitu RT Bersih, Wajib Belajar 16 Tahun dan Beras Daerah. Terkait dengan RT Bersih, Dr. Yansen menegaskan RT Bersih itu bukan politik, melainkan sebuah prilaku hidup masyarakat Malinau yang ingin dibangun dan diwujudkan.
 
“Saya harapkan untuk Standar Operasional dan New Normal ini harus dibungkus dengan RT Bersih. Jadi bukan sekedar program saja tetapi betul-betul secara totalitas membangun nilai hidup masyarakat Malinau,” imbuh DR. Yansen TP.
 
“Saya yakin ada hikmah dibalik semua ini, dikala kita semua berperang melawan Covid-19 baru kita sadar perlu menjaga kebersihan, semangat untuk memotivasi diri agar selalu bahagia dan sebagainya yang selama ini kita lupakan,” pungkas DR. Yansen TP, M.Si

TN/Diskominfo Malinau

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *