BolmutNusantara

Pertambangan Bahan Galian C diduga Ilegal di Bolmut Kian Marak

Loading

Ilustrasi aktivitas penambangan galian C

terasnkri.com| Bolmut, Sulut – Aktivitas pertambangan bahan galian c diduga ilegal kian marak di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Tercatat ada ratusan lokasi penambangan di Bolmut yang sampai saat ini belum mengantongi izin usaha pertambangan.

Baca Juga  Gelar Lomba Anak-anak, Ini Harapan Dansatgas Pamtas Yonif 742/SWY Untuk Anak-anak Perbatasan

Dimana usaha pertambangan tersebut meliputi pengerukan pasir, kerikil, batu sungai, batu gunung, dan tanah urug. Keberadaan sumber daya alam itu dinilai tidak memberikan kontribusi maksimal bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Di Bolmut bertebaran lokasi pertambangan galian C diduga ilegal, apalagi di Kecamatan Bolangitang Barat dan Timur beroperasi di aliran sungai,” sebut salah satu tokoh masyarakat yang enggan namanya disebut pada Selasa (08/08/2023).

Dia pun menyinggung soal adanya kesepakatan tertentu dengan pihak aparat desa setempat untuk melegalkan aktivitas galian C saat ini kian marak di Kabupaten Bolmut.

Baca Juga  Elsje Rosje Sumual Terpilih Sebagai Ketua PMI Kabupaten Minsel Periode 2022-2027
Baca Juga  Lagi, Baharkam Polri ungkap 25 Ton Pottasium Chlorate untuk Bom Ikan

“Infonya, ada setoran yang masuk ke beberapa oknum untuk melegalkan hal tersebut. Sehingga perlu bagi aparat penegak hukum melakukan penyelidikan terhadap aktivitas galian C ini. Karena jika ini dibiarkan terus menerus maka akan berakibat fatal terhadap lingkungan. Apalagi ini dilakukan secara ilegal,” ungkapnya. (Uyo)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *