NunukanPemkab Nunukan

BAWASLU MENDENGAR, Upaya Bawaslu Kab. Nunukan Wujudkan Siaga Pengawasan Menuju Pemilu Serentak 2024 yang Demokratis

Loading

TERASNKRI.COM | NUNUKAN, KALTARA – Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid yang diwakili oleh Kepala Badan Kesbangpol H. Abdul Karim hadir pada acara BAWASLU MENDENGAR dengan tema “Siaga Pengawasan Menuju Pemilu Serentak 2024 yang Demokratis”.

Acara yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Nunukan juga turut dihadiri juga oleh Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Utara Suryani, Ketua Bawaslu Kabupaten Nunukan M. Yusran, Forkopimda Kabupaten Nunukan serta para Camat Nunukan. Kegiatan ini diselenggarakan di Rumah Makan Lenflin, Selasa (05/07).

Dalam sambutannya Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid yang disampaikan oleh Kepala Badan Kesbangpol H. Abdul Karim mengatakan bahwa saat ini suasana pemilu belum terlalu terasa, namun pada acara tersebut merupakan salah satu tahapan menuju Pemilu serentak yang direncanakan digelar pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Baca Juga  Sekda Serfianus Hadiri Upacara Hari Dharma Samudra di KRI Singa 651

“Karena merasa masih terlalu jauh, tidak jarang kita pun kurang menaruh perhatian  serius terhadap tahapan – tahapan pemilu yang sedang berlangsung. Padahal sesungguhnya, kualitas pemilu akan sangat tergantung dari kualitas tahapan demi tahapan pemilu secara keseluruhan”, ucap Karim.

Lebih lanjut Karim meminta kepada penyelenggara pemilu, para peserta pemilu, dan seluruh masyarakat mengambil peran secara aktif untuk menjamin tahap demi tahap pemilu dilaksanakan secara jujur, adil, dan demokratis. Masyarakat harus ikut memantau, mengawasi, dan melaporkan jika ada pelanggaran dan kejanggalan terhadap tahapan pemilu tersebut.

Karim mengatakan meskipun Bawaslu diberi amanah dan tanggung jawab untuk mengawasi seluruh tahapan Pemilu, namun Bawaslu memiliki sumber daya yang terbatas, sehingga butuh support dari seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Nunukan.

“Dalam kesempatan ini, Pemerintah Kabupaten Nunukan memberikan apresiasi yang sebesar – besarnya terhadap Bawaslu Kabupaten Nunukan yang menginisiasi kegiatan ini. Melalui kegiatan Bawaslu mendengar ini, masyarakat bisa ikut memberikan saran, masukan, termasuk juga melaporkan langsung jika melihat ada yang pelanggaran pemilu”, tambah Karim.

Baca Juga  Jelang Natal dan Tahun Baru 2023, Polres Nunukan Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Kayan 2022

Disamping itu, Karim berharap seluruh komponen masyarakat ikut terlibat secara aktif dalam mengawal seluruh proses Pemilu tersebut. Tanpa peran dari seluruh masyarakat, maka mungkin Pemilu serentak 2024 yang akan datang tidak akan mampu menghasilkan pemimpin dan wakil – wakil yang terbaik namun sebaliknya, jika masyarakat mengambil peran dan terlibat secara aktif, maka dengan harapan yang besar Pemilu serentak tahun 2024 akan bisa berlangsung secara aman, adil, demokratis, serta menghasilkan pemimpin yang terbaik, yang mampu membawa bangsa ini menuju pada jalur kemakmuran dan keadilan bersama.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Utara Suryani pada sambutannya mengatakan kegiatan Bawaslu Mendengar tersebut merupakan 2 tahapan awal yaitu dengan terkait bagaimana nanti peserta atau partai politik berperan dalam demokrasi dan juga persoalan daftar pemilu.

Baca Juga  Momen Ulang Tahun Ke 22 Sebagai Starting Point Untuk Bangkit Pulihkan Ekonomi

“Tetapi karena malam ini pada kegiatan Bawaslu Mendengar, saya kira kalau mendengar kita akan mendengar dengan baik semua masukan. Anggap saja kita mengevaluasi pelaksanaan Pemilu dan Pilkada yang lalu dengan sejuta problematika, Bawaslu siap mendengar dan siap melakukan tindak lanjut dan langkah-langkah progresif yang bisa dilakukan oleh Bawaslu sepanjang tidak melanggar peraturan atau norma-norma yang berlaku”, ujar Suryani. (TN/Prokompim Nnkn)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN, HINDARI KERUMUNAN, KURANGKAN MOBILITAS DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *