BuruMalukuNamleaNusantara

Bawaslu Buru Gelar Pelatihan Pengelolaan Keuangan Bagi Panwascam

Loading

TERASNKRI.COM | BURU, MALUKU – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Buru menggelar pelatihan pengelolaan keuangan dan atau pelaporan pertanggung jawaban bagi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-kabupaten Buru, Jumat (23/08/2024).

Kegiatan ini dibuka oleh Komisioner Bawaslu Buru, Bidang Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas (Kordiv HP2H), Taufik Fanolong.

Ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat penting dalam pengawasan dan pelaksanaan keuangan, agar dapat terlaksana dengan baik, dan mengingatkan bahwa kemunduran suatu lembaga sangat berpengaruh apalagi itu berkaitan dengan masalah keuangan.

Baca Juga  Syaiful Syafri Bangga Dirbinmas Kombes Pol Hondawan Terima Ketua PD KBPP Polri Sumut HIlmar Silalahi

Untuk itu ditegaskannya, uang yang dititipkan oleh negara untuk dikelola jangan pernah dengan sengaja di otak-atik.

“Rekan-rekan kerja harus semaksimal mungkin dan sebaik-baiknya serta hati-hati, karena ini APBD, ada banyak mata yang menyoroti kita dalam persoalan keuangan, bukan saja di internal Bawaslu, tapi masyarakat, pemerintah, penegak hukum dan DPRD ikut lihat, bagaimana pengelola keuangan dan pertanggungjawaban kita,” kata Taufik mengingatkan.

Menurutnya, dukungan teknis keuangan dari masing-masing sekretariat akan mampu menunjang kerja pengawasan.

“Kita berada di sini untuk memastikan jalannya pemilihan serentak tahun 2024 bisa berjalan dengan baik dan maksimal,” tuturnya.

Baca Juga  Satu Meninggal, Kecelakaan Maut Kijang Pick Up Versus Sepeda Motor

Dijelaskannya, agar semua berjalan dengan baik dan maksimal, butuh dukungan baik dai pimpinan dan dan rekan-rekan pengawas begitu pula dukungan keuangan juga harus lebih baik.

“Ini pentingnya saya sampaikan disini buat rekan-rekan, pada kasek, bendahara dan staf pengelolaan keuangan ditingkat kecamatan. Karena segala sesuatu yang kita laksanakan akan dipertanggungjawabkan apalagi ini APBD,” ungkapnya.

“Mari kerja semaksimal mungkin, sebaik-baiknya dan hati-hati. Sekali lagi ini APBD, yang kemarin waktu pemilu APBN. Ingat, ada banyak mata yang melirik kita. Dalam keuangan bisa saja internal Bawaslu, masyarakat, pemerintah dan penegak hukum ikut melihat bagaimana pengelolaan keuangan dan tanggung jawab kita,” tandas Fanolong.

Baca Juga  Ketua Panwaslu Kecamatan Batabual Lantik Panitia Pengawas Pemilu Tingkat Kelurahan/Desa

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Sekretariat (Kasek) Taufik Kamarullah, Kasubag Administrasi Lukman, dan Kasubbag HPPH Bawaslu Muhammad Ruslan.

Untuk diketahui kegiatan itu diikuti sebanyak 30 peserta, yang diwakili oleh 3 orang dari masing-masing Panwascam yang ada di 10 kecamatan di Kabupaten Buru dan dilaksanakan selama dua hari, terhitung sejak Jumat 23 Agustus sampai Sabtu, 24 Agustus 2024. (Grace)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *