Pemkot TarakanTarakan

Panen Padi Upaya Peningkatan Produktifitas Pangan dan Pengendalian Inflasi

Loading

TERASNKRI.COM | TARAKAN, KALTARA – Pj. Wali Kota Tarakan, Dr. Bustan, S.E., M.Si., memulai panen padi Varietas Biosalin yang dilakukan oleh Kelompok Tani Mapan Sejahtera pada Kamis (15/8/2024).

Proses panen ini berlangsung di Kelurahan Mamburungan dengan hasil panen berupa gabah padi mencapai 5,46 ton per hektar di lahan sawah seluas 1,25 hektar.

Baca Juga  Penanganan Kawasan Kumuh akan Bersinergi dengan Wisata Kuliner dan UMKM

Kegiatan ini menjadi momen penting dalam upaya meningkatkan produksi pangan dan upaya pengendalian inflasi di Kota Tarakan. Pada tahun 2023, produktivitas padi di kota ini tercatat mencapai 102,90 ton. Padi varietas Biosalin yang dipanen kali ini merupakan hasil bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tarakan untuk diuji cobakan.

Baca Juga  Pj. Wali Kota Hadiri dan Lepas Reuni Akbar HUT ke-79 SMP Negeri 1 Tarakan

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi terhadap keberhasilan ini. Ia juga menekankan pentingnya menjaga ketahanan pangan sebagai kebutuhan dasar masyarakat dan menyebut panen ini sebagai salah satu upaya dalam pengendalian inflasi di daerah.

Baca Juga  BI Kaltara Bersama Pemprov Kaltara dan Pemkab Bulungan Panen Bersama dan Tanam Perdana Cabai Sistem Proliga

“Dengan adanya panen melalui kerjasama berbagai pihak ini, diharapkan produksi padi dapat terus meningkat untuk mencukupi kebutuhan masyarakat Kota Tarakan dan juga dapat dipasarkan ke luar daerah,” ujar Pj. Wali Kota. (TN/Humas Pemkot Tarakan)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *