Opini

Peran Pemuda Dalam Menghadapi Fenomena Politik Pilkada Kab. Nunukan 2024

Loading

Opini : Surya Nur (Pemerhati Kepemudaan)

Politik merupakan bagian terpenting dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara, mengingat hampir semua sendi-sendi kehidupan ini diatur melalui jabatan politis, misalnya : Presiden, Gubernur, Walikota maupun Bupati.

Politik juga merupakan instrumen paling efektif untuk memperjuangkan harapan dan tujuan masyarakat dalam suatu Negara, pun demikian Republik ini. Tapi semua itu rasa-rasanya sulit untuk diraih apabila masyarakat termasuk generasi muda apatis terhadap perpolitikan yang ada saat ini, tentu perannya sangat dibutuhkan.

Berdasarkan historitas pemuda punya peran penting terhadap perjalanan bangsa ini, maka sangat disayangkan apabila dewasa ini pemuda enggan untuk turut andil, minimal pastikan menjadi pemilih yang rasional dan jangan mau menjadi komoditas politik.

Baca Juga  Sebatik Bebas Pneumonia Dengan Imunisasi Pneumococcal Congjugate Vaccine (PVC)

Baru-baru ini Republik Indonesia telah melewati kontestasi demokrasi yakni Pemilu : Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif. Sementara dalam waktu beberapa bulan kedepan Republik ini kembali dihadapkam dengan pemilihan kepala daerah Provinsi maupun Kabupaten Kota.

Dengan begitu, momentum tersebut adalah kesempatan paling baik bagi masyarakat yang selama ini mengidam-idamkan pemimpin yang jujur, amanah dan mampu memberikan kemajuan yang lebih baik dari sebelumnya.

Tidak kalah penting, Pilkada Kabupaten Nunukan 2024 harus menjadi perhatian bersama, Sebagaimana diberitakan melalui media bahkan sudah menjadi buah bibir masyarakat bahwa masalah fundamental seperti listrik dan air bersih kerap kali menghantui, belum lagi persoalan RSUD yang terlilit utang.

Baca Juga  Opini : Memperkuat Ekonomi Kerakyatan

Bersamaan dengan hal tersebut, generasi muda juga perlu pahami masalah paling nyata dihadapannya seperti butuhnya lapangan pekerjaan dan butuhnya sinergitas bersama pemerintah.

Dengan beragamnya problematika yang dihadapi, maka hendaknya Kabupaten Nunukan butuh pemimpin yang betul-betul solutif, visioner dan berpegang teguh pada prinsip politiknya bahwa kepentingan rakyat diatas segala-galanya. Seirama dengan itu, pemuda juga sudah sepatutnya berani tampil untuk turut serta dalam menentukan arah masa depan bangsa, khususnya Kabupaten Nunukan. Kalau di Agama ada jalan para kekasih Tuhan maka di politik ada jalan para kekasih masyarakat.

Baca Juga  Nasib Direksi Kahayan Karyacon: Dari Rekayasa Kasus, Dakwaan Ngibul, Hingga Tuntutan Ngawur

Untuk memastikan hal tersebut perlu adanya sentuhan generasi muda, seperti berkolaborasi dengan pihak penyelenggara dalam hal ini KPU dan Bawaslu sebagai pengawas untuk merealisasikan edukasi politik supaya calon pemilih dapat memilih pemimpin yang sesuai harapan. Kalau aksi nyata dianggap sulit maka minimal selemah-lemahnya iman adalah gunakan sosial media sebagai wadah untuk menyampaikan aspirasi sebab pemuda adalah satu dari sekian kemewahan yang dimiliki Republik ini. (***)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *