Nunukan

Kantor UPP Kelas III Pelabuhan Sungai Nyamuk Sebatik Terus Mendorong Ekonomi Sebatik Melalui Transportasi Laut

Loading

TERASNKRI.COM | SEBATIK, NUNUKAN – Guna terus menumbuhkan geliat perekonomian di Pulau Sebatik, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Sungai Nyamuk bersama Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Utara menyerahkan izin operasional sekaligus meresmikan Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) PT. Bumisejahtera Sebatik Transport ditandai dengan dilakukannya pengguntingan pita serta pembukaan tirai selubung papan nama kantor perusahaan, Rabu (8/5/2024) di Hotel Aniar Sei. Nyamuk.

Jasa Pengurusan Transportasi ini merupakan usaha yang ditujukan untuk semua kegiatan yang diperlukan bagi terlaksananya pengiriman dan penerimaan melalui angkutan darat , laut , kereta api dan /atau udara.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Sungai Nyamuk, Syaharuddin pada sambutannya menyampaikan, melalui Peraturan Menteri Perhubungan No PM 59 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Terkait dengan angkutan di perairan dimana salah satunya mengatur tentang JPT.

Baca Juga  LHP Dukung Penuh Pelaksanaan Konferkab I PWI Nunukan

“Kedepan kami berharap tidak ada ada lagi kendaraan yang beroperasi di wilayah pelabuhan yang tidak dibawah pengelolaan Perusahaan Jasa Pengurusan Transportasi sehingga kegiatan bongkar muat dari dan ke kapal bisa tertib, ksncar dan teratur serta punya tanggung jawab yang jelas terkait pengiriman atau penerimaan barang, dimana selama ini kami melihat tidak ada yang bertanggungjawab terhadap kerugian dalam angkutan bila terjadi kecelakaan kapal atau hilangnya barang yang efeknya terjadi kerugian harta benda bagi pemilik barang” jelas Syaharuddin

Syaharuddin yang merupakan Syahbandar atau Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Sungai Nyamuk mengungkapkan, dengan adanya JPT ini dan yang pertama kalinya di Sebatik, pihaknya berharap dapat membuka lapangan pekerjaan seta dapat membantu mendongkrak ekonomi, maju tumbuh dan berkembang sehingga warga perbatasan dapat terdampak secara positif.

Baca Juga  Tiba di Nunukan, Gubernur Paliwang Salurkan Bantuan Korban Kebakaran dan PPKM

“Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Sungai Nyamuk akan selalu Optimis melakukan perubahan, Edukasi dan Motivasi Untuk Kemajuan Transportasi Laut di Indonesia sebagaimana slogan Perhubungan Laut yaitu OPTIMIS (Outcome, Profesional, Tangguh, Inisiatif, Melayani, Integritas dan Sinergitas)” jelas Syaharuddin.

“Kami juga sangat berharap dukungan dari segala pihak baik pemerintah kecamatan hingga kabupaten serta stakeholder, pengusaha, tokoh masyarakat untuk mewujudkan pelabuhan yang tertib teratur aman nyama dan tepat sasaran” pungkas Syaharuddin.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Prov. Kalimantan Utara Andi Nasuha dalam sambutannya menyampaikan, dengan adanya JPT PT. Bumisejahtera Sebatik Transport, memberi sumbangsih positif bagi perekonomian di wilayah perbatasan.

Baca Juga  Budayakan Literasi Bangun Peradaban, Dinas Perpustakaan Luncurkan POCADI dan iNunukan

“Tentunya dengan kehadiran JPT PT. Bumisejahtera Sebatik Transport kita harapkan dapat memberi sumbangsih positif di daerah kita ini” ungkap Andi Nasuha.

Terdahulu, Direktur JPT PT. Bumisejahtera Sebatik Transpor, Muhammad Japar menyampaikan, pihaknya akan berupaya untuk melakukan pengelolaan manajemen yang baik agar Jasa Pengurusan Transportasi dimaksud bisa berjalan dengan baik di Pelabuhan Sungai Nyamuk dibawah binaan Syahbandar / Kantor UPP Kelas III Pelabuhan Sungai Nyamuk”

“Mohon dukungan semua pihak agar semua bisa berjalan lancar dan dapat membawa kemajuan di Pulau Sebatik ini” pungkas Muhammad Japar yang akrab disapa Thubang.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *