NunukanPemkab Nunukan

Bupati Laura Sentil 11 OPD Yang Belum Input SIPD P3DN Saat Buka Rakordal

Loading

TERASNKRI.COM | NUNUKAN, KALTARA – Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid menyentil sebelas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang belum melakukan input SIPD P3DN (Sistem Informasi Pemerintah Daerah – Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri), dan meminta OPD – OPD tersebut agar segera menyelesaikannya.

Sentilan tersebut disampaikan saat bupati menyampaikan sambutan pada acara Pembukaan Rapat Koordinasi Pengendalian dan Evaluasi (RAKORDAL) Semester I Tahun Anggaran 2023 di Kantor Bupati Nunukan, Kamis (27/07/2023).

“Sampai saat ini masih ada 11 OPD yang belum melakukan input SIPD P3DN, mudah – mudahan yang belum bisa merasa, dan segera menyelesaikannya,” kata Laura.

Baca Juga  Polres Nunukan Selesaikan Kasus Curanmor Secara Diversi dan Restorative Justice

Adapun 11 opd yang belum melakukan input SIPD P3DN adalah Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan, Badan Pengelola Perbatasan, Dinas Kependudukan dan Capil, Dinas Pemadam Kebakaran, RSUD, SeKretariat DPRD, Satpol PP, dan Dinas Pendidikan.

SIPD P3DN adalah sistem aplikasi yang mengharuskan pemerintah daerah memprioritaskan penggunaan produk – produk dalam negeri dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa.

Laura dalam kesempatan itu juga meminta kepada OPD – OPD yang realisasi penyerapan keuangannya masih dibawah 50 persen agar segera menggenjot kinerjanya. Dari 50 OPD, hanya ada 11 OPD yang memiliki realisasi fisik di atas 50 persen, 17 OPD realisasi fisiknya antara 30 – 50 persen, dan 22 OPD realisasi fisiknya di bawah 30 persen.

Baca Juga  Gercep, Pemkab Nunukan Segera Usulkan Perbaikan dan Peningkatan Kapasitas RUSUNAWA ke BNPB

Laura berharap OPD – OPD sesegera mungkin melakukan koordinasi dan evaluasi jika memang ada masalah yang menghambat penyerapan anggaran.

“Lakukan koordinasi secara berjenjang, supaya bisa segera diidentifikasi, apakah karena perencanaan yang kurang baik atau target yang berlebihan, atau karebna ada kendala teknis yang lain,” kata Laura.

Baca Juga  Wakil Bupati Nunukan Buka Musrembang Kewilayahan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 di Wilayah Tulin Onsoi

Dalam kesempatan itu, bupati juga mengingatkan seluruh OPD agar dalam penyusunan program kegiatanya bisa mengintervensi penurunan angka kemiskinan ekstrem dan stunting yang sampai saat ini masih cukup tinggi.

Selain Wakil Bupati H. Hanafiah, pembukaan Rakordal Semester I Tahun Anggaran 2023 itu juga dihadiri oleh Sekda Serfianus, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Abdul Munir, Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Asmar, Para Kepala OPD dan camat Se-Kabupaten Nunukan. (TN/Prokompim Nnkn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *