NunukanPemkab Nunukan

Gubernur Kalimantan Utara Laksanakan Gerakan Penanaman Pohon Serentak di Desa Seluruh Indonesia di Kab. Nunukan

Loading

TERASNKRI.COM | NUNUKAN, KALTARA – Sesuai surat Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa dan PDTT No. 57/PDP.02.04/III/2023, kegiatan penanaman pohon serentak seluruh Indonesia dalam rangka Hari Desa Asri Nusantara. Pelaksanaan penanaman pohon ini dipusatkan di Prov. Riau dan dilakukan  penanaman pohon secara simbolis oleh Wakil Presiden Republik Indonesia.

Gubernur Kalimantan Utara H. Zainal A. Paliwang juga melaksanakan penanaman pohon di Hutan Kota Kabupaten Nunukan. Senin (20/03/2023).

Kegiatan ini juga di hadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan Serfianus yang mewakili Bupati Nunukan, Kepala DPMD Prov. Kaltara H. Edi Suharto, Anggota DPRD Kab. Nunukan Hj. Nursan, SH, Kepala DPMD Kab. Nunukan Helmi Pudaaslikar, serta beberapa Kepala OPD Kab. Nunukan.

Baca Juga  Wakil Bupati Nunukan Resmi Tutup Turnamen Sepak Bola Bupati Cup Tahun 2023

Dalam sambutannya, Gubernur Kalimantan Utara H. Zainal A. Paliwang menyampaikan bahwa untuk menanam pohon secara serentak ini tidak perlu menunggu instruksi dari pusat terlebih dahulu, karena di tingkat RT, desa, kecamatan, maupun kabupaten bisa melaksanakan kegiatan seperti ini.

“Yang terpenting adalah bagaimana kita berusaha untuk melestarikan lingkungan di sekitar kita. Terutama lahan-lahan kosong yang kita miliki maupun di sekitar rumah kita bisa di tanami,” ungkapnya.

Gubernur Zainal mengatakan bahwa penanaman pohon secara serentak di seluruh Indonesia ini untuk Prov. Kalimantan Utara dilaksanakan di Kab. Nunukan. Sehingga dirinya selaku Gubernur Kalimantan Utara mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kab. Nunukan yang telah menyiapkan tempat atau lahan untuk kegiatan penanaman pohon kali ini.

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Daerah Kab. Nunukan mewakili Bupati Nunukan juga menyampaikan sambutan Bupati Nunukan.

Baca Juga  Para Aparat Pemerintah Desa Diingatkan Hati – Hati Kelola Anggaran Dana Desa

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan bahwa areal Hutan Kota yang saat ini di jadikan tempat kegiatan Penanaman Pohon serentak seluruh Indonesia di tahun 2023 melalui Dinas Lingkungan Hidup Kab. Nunukan mulai ditata menjadi ruang publik, serta sarana edukasi bagi masyarakat.

Mengingat akan pentingnya pohon dan hutan, Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan melalui Dinas Lingkungan Hidup Kab. Nunukan melampirkan pengelolaan hutan kota dan hutan mangrove yang ada di wilayah Kab. Nunukan dalam laporan Jakstrada dalam pengelolaan lingkungan hidup di Kab. Nunukan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dn kehutana, sehingga berbuah manis memperoleh Adipura Tahun 2022.

Baca Juga  Bupati Laura Jadi Irup, Tanda Dibukanya Tunamen Bola Voli Manuntung Cup 2023

“Kami selaku Pemerintah Kab. Nunukan berterima kasih kepada Bapak Gubernur bersama jajarannya yang telah menunjuk Kabupaten Nunukan sebagai lokasi kegiatan Gerakan Menanam Pohon Serentak di Desa. Tentunya ini bisa memotivasi kami semua untuk dapat berbuat lebih baik lagi,” ujarnya.

Diakhir acara, Gubernur Kalimantan Utara bersama dengan Sekretaris Daerah Kab. Nunukan menyerahkan secara simbolis Bibit Pohon kepada masyarakat Nunukan dan dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis. (TN-Adv/Prokompim Nnkn)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *