BudayaDPRD Nunukan

Dukungan DPRD Nunukan Bagi Eksistensi Budaya Lokal Ilau Dayak Agabag

Loading

TERASNKRI.COM | NUNUKAN, KALTARA – Jajaran DPRD Kabupaten Nunukan mendukung dan mengapresiasi seni dan budaya lokal yang masih eksis di Kecamatan Lumbis Ogong Kabupaten Nunukan.

Sebagai bentuk apresiasi tersebut, DPRD Nunukan menghadiri acara Ilau Dayak Agabag Ke IX, Selasa (12/7/2022) yang berlangsung di desa Binter Kecamatan Lumbis Ogong Kabupaten Nunukan.

”Kami Apresiasi masyarakat Dayak Agabag dalam menyemarakkan kegiatan ini, meski pelaksanaannya sempat tertunda, namun dengan semangat gotong royong kegiatan ini dapat terealisasi,” kata Ketua DPRD Nunukan, Hj Leppa.

Baca Juga  DPRD Nunukan Setujui Dua Ranperda Usulan Pemkab Nunukan Jadi Perda

Hj. Leppa menambahkan, Seni dan Budaya Lokal butuh perhatian serius pemerintah daerah karena ini merupakan aset budaya yang harus dipelihara dan dilestarikan.

”Kami sarankan Dinas Pariwisata Nunukan agar mengorganisir seni dan budaya lokal kita di Kabupaten Nunukan, pertahankan dan lestarikan budaya tersebut karena berdampak pada ekonomi masyarakat,” tambahnya.

Berbagai Pameran Kuliner Ilui yang diselenggarakan masyarakat Desa di Kecamatan Lumbis dalam Festival Ilau Dayak Agabag Ke IX di Lumbis Ogong.

Terpelihara dan dilestarikannya budaya lokal sangat bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, apalagi saat ini Indonesia sudah mulai melakukan pembenahan dan pemulihan ekonomi pasca pandemik covid 19.

Baca Juga  DPRD Nunukan RDP dengan Pengusaha APMS asal Sebatik Terkait BBM Malaysia

Karena itu DPRD meminta Pemerintah Daerah juga fokus memperhatikan tumbuh kembang seni dan budaya lokal di Nunukan.

”Kalau perlu alokasikan anggaran pembinaan setiap tahun, agar mereka terus berkreasi dan menjaga seni dan budaya agar tidak punah,” tutup Hj Leppa.

Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Nunukan yang hadir dalam Kegiatan tersebut, Ketua DPRD Nunukan, Hj. Leppa, Sekretaris Komisi I, Amrin Sitanggangn beserta Anggota Komisi I, Hendrawan dan Lewi,S.Sos.

Baca Juga  Pemkab Tanggapi Pandangan Umum Fraksi DPRD Nunukan Terkait Raperda PFKI

Selain di hadiri pemerintah Kabupaten Nunukan, kegiatan ini juga dikuti Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang, Ketua Lembaga Adat Dayak International, Martin Billa, dan Anggota DPR RI Dapil Kalimantan Utara, Dedy Sitorus. (TN/Tfk)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN, HINDARI KERUMUNAN, KURANGKAN MOBILITAS DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *