Aksi PeduliManggarai TimurNTTNusantara

SMAN 3 Borong Bersama Polsek dan KKI Sambangi Rumah ODGJ

Loading

Terasnkri.com | Matim, NTT-Menerapkan program perundungan, civitas SMAN 3 Borong gandeng Polisi Sektor (Polsek) Borong dan relawan Komunitas Kasih Insanis (KKI) manggarai Timur sambangi rumah orang dalam gangguan jiwa (ODGJ), disabilitas, janda dan lansia. Minggu (05/12/2021)

Sebanyak 10 keluarga yang dikunjungi. Semuanya di seputaran wilayah kecamatan Borong Manggarai Timur. Terdiri dari 3 desa yakni desa Golo Kantar, Bangka Kantar dan desa Nanga Labang. Sebagai buah tangan, 10 kg beras dibagikan untuk keluarga yang dikunjungi tersebut

10 kg beras yang dibagikan merupakan beras bantuan dari KAPOLRI. Kebetulan Polsek Borong mendapat jatah 2.5 ton. Hingga hari ini, semuanya sudah dibagikan, ungkap Bripka Syahruddin kepada media ini saat ditemui di lokasi kunjungan tersebut.

Ia menambahkan melihat kondisi ekonomi dari keluarga yang dikunjungi itu, semuanya masuk dalam kategori layak untuk mendapatkan bantuan tersebut. Walaupun dalam jumlah yang tidak banyak, silaturrahmi untuk mempererat tali persaudaraan antara Polri dan masyarakat.

Baca Juga  Dinas PUPR Bolmut Dampingi Pasiter Kodim 1303/Bolmong, Tinjau Rencana Lokasi Sasaran TMMD Ke-113 TA 2022

“Melalui kegiatan seperti ini, perlahan akan mengikat tali persaudaraan semakin erat”, ungkap Bripka Syahruddin

Dari kegiatan tersebut, tutur Bripka Syahruddin pihaknya sangat terharu melihat kondisi keluarga yang dikunjungi tersebut.

“Pengalaman yang luar biasa. Perdana selama berprofesi sebagai anggota Polri. Semoga diberi kesehatan sehingga mempunyai kesempatan untuk bertemu kembali. Berbagi kasih. Lebih tepat dan menjadi pilihan kita sebagai makhluk sosial dalam kehidpan bermasyarakat. Apapun dan seberapapun bukan menjadi tolak ukur. Ketulusan dan keiklasan menjadi landasan dari apa yang dilakukan akan lebih bernilai”, ungkapnya

Dengan civitas SMAN 3 Borong mau berkolaborasi dengan Polsek Borong, kata Bripka Syahruddin pihaknya sangat berterima kasih. Kolaborasi ini harapannya tidak pupus. Sehingga misi kemanusiaan ini terus berjalan.

Baca Juga  Bupati Minsel FDW kunjungi Kementerian Kesehatan RI

“SMAN 3 Borong luar biasa. Mereka hebat. Gebrakannya sungguh menggugah untuk selalu berbuat baik” pungkasnya

Sementara kepala SMAN 3 Borong, Konstantinus Everson Rada, S.Psi, mengatakan pihaknya melibatkan langsung peserta didik dalam kegiatan tersebut merupakan tahap pembentukan kecerdasan sosial dan emosional.

“Dengan hal sederhana ini, mereka akan terbiasa dan terpanggil untuk peduli terhadap sesama”, ungkap Soni, sapaan akrab Kepsek SMAN 3 Borong itu.

Ia menjelaskan, pogram perundungan selama kurang lebih satu bulan lamanya siswa dan siswi SMAN 3 Borong diberi pelatihan. Teori dan pengetahuan yang didapat selama pelatihan menjadi bekal mereka saat turun lapangan. Sehingga untuk mengimbangi teori yang didapat selama pelatihan tersebut siswa/i diarahkan untuk menyentuh langsung. Sejatinya, program perundungan penekanannya lebih kepada bagaiman menghindari perilaku sosial dengan mengucilkan sesama karena kondisi fisik bisa juga karena ekonomi keluarga.

Baca Juga  Menjadi Calon Orang Nomor Satu di Korps Bhayangkara, Listyo Sigit Banjir Dukungan Tokoh Agama

ODGJ sering menjadi korban perundungan. Hal itu dibuktikan dengan realitas dimana mereka selalu dikucilkan. Itu wajar, namun hal-hal seperti itu mestinya dihilangkan. Sebab dengan kita mengucilkan mereka, luka batin mereka bertambah. Dengan kita hadir di kediaman mereka, mengajak mereka untuk bercerita adalah bagian dari fisioterapi. Apalagi siswa/i yang terlibat dalam kegiatan tersebut diarahkan untuk menggunting kuku dan mencukur rambut dari saudara kita penderita ODGJ.

“Pengalaman berharga yang tentu sulit mereka lupa. Saya yakin, dengan cara-cara sederhana ini akan bisa membuat mereka berubah”, tutup Soni
(Hubertus Basri/Iren Antus)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN, HINDARI KERUMUNAN, KURANGKAN MOBILITAS DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *