BolmutNusantaraSulawesi

Gebyar Gerakan Indonesia Membaca (GIM), Bupati Bolmut : Belajar Sepanjang Hayat, Tingkatkan Kualitas Hidup.

Loading

TERASNKRI.COM | BOLMUT, SULUT – Pemda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara launching kegiatan Gebyar Gerakan Indonesia Membaca (GIM) yang ditandai dengan pemukulan Gong oleh Sub Koordinasi Fungsi Tata Kelola Direktorat PKMP Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Catur Budi Santisa SE, M.Ak. Selasa (30/11/2021).

Kegiatan yang berlangsung dilapangan kembar boroko tersebut dihadiri oleh Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh, Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena M.A.P., Ketua TP PKK Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo,  Wakil Ketua TP PKK Bolmut, Dra, Hj. Siti Safwania Djenaan, Kapolres Bolmut AKBP Wahyu Purwidiarso, S.H., S.I.K., Para Asisten Sekda Bolmut, Para Staf Ahli dan Staf Khusus Bupati Bolmut, perwakilan Kodim 1303 Bolmong, perwakilan Kementerian Agama Bolmut, Pimpinan OPD, dan Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat Provinsi Sulawesi Utara.

Baca Juga  Kasespim Lemdiklat Polri Menyambut Baik Pelaksanaan PKPA dan UPA PERSADI DKI Jakarta

Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Gebyar Gerakan Indonesia Membaca (GIM) ini, sehingga diharapkan kegiatan ini dapat menjadi wahana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi serta mendorong partisipasi berbagai elemen masyarakat untuk berperan serta dalam meningkatkan minat dan budaya membaca di kabupaten Bolmut.

“Sejarah Peradaban umat manusia menunjukkan bahwa bangsa yang maju tidak dibangun hanya dengan mengandalkan kekayaan alam yang melimpah dan jumlah penduduk yang banyak. Bangsa yang Besar ditandai dengan masyarakat yang literat, yang memiliki perabadan tinggi, dan aktif memajukan masyarakat dunia” terang Bupati.

Baca Juga  Penamaan DP-AL pada RS. Pratama Tuai Sorotan

“Di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara khususnya, harus mampu mengembangkan budaya literasi sebagai prasyarat kecakapan hidup Abad ke 21 melalui pendidikan yang terintergrasi, dimulai dari keluarga, sekolah, sampai dengan Masyarakat. Ada enam literasi dasar, yang mencakup literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi Budaya dan Kewargaan” ujar Bupati.

“Pintu masuk untuk mengembangkan budaya literasi bangsa adalah melalui penyediaan bahan bacaan dan peningkatan minat baca anak, sebagai bagian penting dari penumbuhan budi pekerti. Minat baca anak perlu dipupuk sejak usia dini mulai dari lingkungan keluarga” tambahnya.

Lebih lanjut, Bupati Bolmut Dua Periode tersebut mengatakan bahwa dengan minat baca yang tinggi, didukung dengan ketersediaan bahan bacaan yang bermutu dan terjangkau, akan mendorong kebiasaan membaca dan menulis, baik itu di sekolah maupun di masyarakat.

Baca Juga  Polres Minsel kawal Pendistribusian Vaksin Covid-19 Sinovac di Rumah Sakit, Poliklinik dan Puskesmas

Diakhir sambutannya, Bupati Depri Pontoh mengatakan bahwa Gerakan indonesia membaca (GIM) sebagai bagian dari implementasi Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti, yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam rangka Pembelajaran Sepanjang Hayat sebagai upaya untuk Meningkatkan Kualitas Hidup.  (MADIHUTU)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN, HINDARI KERUMUNAN, KURANGKAN MOBILITAS DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *