NTTNusantara

Andreas Agas : Peluncuran POP Sesuai Visi dan Misi Kab. Matim

Loading

terasnkri.com | Matim, NTT – Andreas Agas, SH, M.Hum Bupati Manggarai Timur (Matim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melaunching Program Organisasi Penggerak (POP) bagi 42 (empat puluh dua) sekolah sasaran POP di Kabupaten Matim yang berlangsung di aula lantai dua Koperasi AMT. Kamis (28/10/2021).

Peluncuran POP tersebut juga atas dasar kerja sama Wahana Visi Indonesia (WVI) dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

Terpantau turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis PPO Matim Drs. Basilius Teto, Spesialis Pendidikan Vahana Visi Indonesia Adhimas Wijaya, Manajer Wahana Visi Indonesai Manggarai Timur Natalia Hety Dudy dan 42 kepala sekolah sasaran POP tingkat Kabupaten Matim.

Bupati Matim Andreas Agas,SH,M.Hum dalam sambutannya menyampaikan, peluncuran Program Organisasi Penggerak (POP) ini salah satu dari sekian program merdeka belajar yang dicanangkan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan teknologi Republik Indonesia. Program Merdeka Belajar yang sudah dicanangkan tersebut terimplementasi dalam 11 (sebelas) episode.

Baca Juga  Wakil Bupati Minsel Pdt. Petra Yanni Rembang M.Th Hadiri Rakor Pembentukan Posko Penanganan Hadapi Darurat Bencana Alam

“Semua Program yang sudah pasti akan selalu dijalankan dengan baik. Hal ini diperkuat akan komitmen pemerintah terhadap kemajuan dunia pendidikan di Indonesia” ujar Bupati

Bupati Agas menjelaskan, pemerintah senatiasa berkomitmen untuk terus membangun pendidikan. Perlu kita menyadari bahwa kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang kita cita-citakan masih jauh dari harapan.

“Kita terus berusaha keras memperluas akses pendidikan yang berkualitas sesuai dengan tuntutan masyarakat, lapangan pekerjaan dan kebutuhan pembangunan”, ungkap Bupati.

Dilanjutkan okeh Bupati Agas, cita-cita pendidikan dan kebudayaan nasional hanya bisa terwujud jika kita bekerja keras dan berdaya jelajah luas. Hanya dengan cara ini kerja pendidikan dan kebudayaan dapat menjangkau dengan baik.

Baca Juga  Rakor Persiapan Pengadaan ASN 2024 Dihadiri oleh Bupati FDW

“Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur dengan cara dan upayannya sendiri berkomitmen jelas dalam mendukung kemajuan pendidikan di daerah ini”, ungkapnya lagi.

Bupati Agas menjelaskan komitmen Pemda Matim sangat jelas dan kuat, ini terbukti dalam visi-misi yaitu, mewujudkan masyarakat Manggarai Timur yang sejahtera, berdaya dan berbudaya. Dengan meningkatkan kualitas hidup manusia melalui pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan, pelatihan ketrampilan, serta peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Disampaikan Bupati Agas, program organisasi penggerak ini adalah bagian dari Kebijakan merdeka belajar yang diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menjawab kebutuhan dan tantangan penguatan SDM di negeri ini.

“Kita semua tahu bahwa kebijakan merdeka belajar merupakan langkah untuk mentransformasi pendidikan demi terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan Indonesia yang memiliki profil pelajar Pancasila” imbuhnya

Di Kabupaten Manggarai Timur, tambah Bupati Agas, organisasi kemasyarakatan yang dipercayakan untuk menjadi organisasi penggerak adalah Wahana Visi Indonesia. WVI hadir di Manggarai Timur bukan baru. Kehadirannya sudah lama dan sudah banyak membantu pemerintah daerah dalam memajukan mutu pendidikan di daerah ini.

Baca Juga  Kegiatan Pembinaan Pramuka Warga Binaan Lapas Binjai

“Kehadiran WVI tidak menjadi asing dan baru bagi sekolah-sekolah di Manggarai Timur, terutama untuk 42 (empat puluh dua) sekolah yang didampingi oleh WVI” papar Bupati

Bupati Agas meminta, kehadiran Wahana Visi Indonesia (WVI) dalam kapasitasnya sebagai organisasi penggerak, semakin memperbanyak literasi kegiatan dalam upaya memajukan pendidikan di Manggarai Timur.

“Kami percaya WVI bisa melaksanakan itu semua dengan baik” pungkas Bupati. (Hubertus Basri/MD)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN, HINDARI KERUMUNAN, KURANGKAN MOBILITAS DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *