Manggarai TimurNTTNusantara

Posyandu Kecamatan LAUT Juara Satu Strata Purnama Tingkat Kabupaten Matim

Loading

Terasnkri.com | Matim, NTT-Posyandu Satar Teu, Desa Satar Punda,  Kecamatan Lamba Leda Utara (LAUT) ,  Kabupaten Manggarai Timur (Matim)  Provinsi NTT, meraih juara satu lomba posyandu Strata Purnama tingkat Kabupaten Matim.

Selain juara satu untuk kategori posyandu strata purnama,  juga meraih juara dua dari kategori strata mandiri yang disabet posyandu Maki Desa Satar Kampas.

Juara I kategori Strata Purnama mendapat uang pembinaan Rp.  3.250.000 (tiga juta dua ratus lima pulu ribu rupiah) dan juara II kategori Strata Mandiri mendapat uang pembinaan Rp. 3.000.000 (Tiga Juta Rupiah).  Uang pembinaan diserahkan langsung pihak DPMD, Kepla Bidang kelembagaan, Partisipasi Masyarakat dan Sosial Budaya, Restituta Ratna Harum, Jumat (27/08/20210 di tempat Posyandu Maki dan Satar Teu, Kecamatan LAUT.

Baca Juga  Polsek Kaliwungu Berhasil Amankan Puluhan Petasan Berukuran Raksasa

Dalam sambutan singkat, Kabid Resti mengatakan, untuk kesuksesan sebuah posyandu butuh keterlibatan semua elemen.

“Untuk Posyandu yang sukses, butuh keterlibatan banyak pihak, antara lain, kader posyandu, kader BKB, tutor Paud, KPM (Kader Pembngunan Manusia) Pemerintah desa, TP-PKK  DESA dan dukungan TP PKK kecamatan serta Pemerintah Kecamatan”, kata Resti

Selanjutnya pihaknya menjelaskan, untuk Posyandu strata mandiri, butuh pelayanan posyandu yg holistik integratif dengan mengedepankan pengasuhan positif pada 1000 HPK (1000 Hari Pertama kehidupan) mulai dari dalam kandungan sampe bayi umur 24 bulan

Baca Juga  Intensitas Curah Hujan Tinggi, Kapolres Minsel Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

Untuk diketahui, lomba posyandu ini digelar Dinas  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD)  Matim yang digulir sejak tanggal 1 Agustus hingga 15 Agustus lalu.  Tiga kategori yang dilombakan untuk 12 Kecamatan di Matim,  yaitu Strata Madya,  Strata Purnama dan Strata Mandiri.  Hanya kategori posyandu Strata Madya yang lepas dari genggaman kader posyandu di Kecamatan LAUT.  Sedangkan dua lainnya berhasil diraih.

Tiga penilaian dasar bagi kader posyandu adalah,  pengetahuan kader posyandu,  administrasi, pelaksanaan tahapan pelayanan.

Pemerintah Kecamatan LAUT dan 11 desa didalamnya akan terus mendorong pembinaan kader posyandu agar terus bekerja dengan baik dan benar serta meraih prestasi kerja yang memuaskan.

Baca Juga  Wabup Sergai Terima Masukan Warga Terkait Intimidasi Oknum E-Warung

Pihak Kecamatan dan Desa juga akan bersinergis dengan PKK Kecamatan dan Desa dalam melakukan pembinaan bagi kader posyandu agar makin paham akan tugas dan tanggungjawabnya dalam memperbaiki kualitas hidup sesama melalui generasi muda yang akan datang. (Hubertus Basri/AS)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIFITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN, HINDARI KERUMUNAN, KURANGKAN MOBILITAS DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *