MalukuNusantaraPembangunan

MUSREMBANG – RKPD Maluku, Bupati KKT Paparkan 7 Isu Strategis Pembangunan

Loading

Bupati KKT Petrus Fatlolon saat memaparkan materi dalam Musrenbang-RKPD provinsi Maluku, yang dilaksanakan di di Swissbell Hotel, Kota Ambon, Kamis (22/04/2021).

TERASNKRI.COM | Ambon – Tujuh isu strategis itu dipaparkan Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) Petrus Fatlolon, dalam Musyawarah Rencana Pembangunan dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Murenbang-RKPD) Provinsi Maluku, yang  digelar di Swissbell Hotel, Kota Ambon, Kamis (22/04/2021).

Tujuh isu itu adalah; belum optimalnya pencegahan dan penanganan Covid- 19, rendahnya pemenuhan pelayanan dasar kesehatan dan pendidikan, rendahnya pertumbuhan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Minimnya mitigasi bencana dan pengelolaan lingkungan hidup, rendahnya pemerataan kualitas infrastruktur dasar, belum optimalnya pencapaian target kinerja pemerintah daerah, termasuk minimnya penyiapan sumber daya manusia dalam menyambut pengelolaan Blok Migas Masela.

Baca Juga  Semua Data Masuk Ke KPK, Kabupaten Buru Bersih Dari Korupsi

Petrus Fatlolon mengemukakan, dari 7 isu strategis tersebut Pemda KKT merencanakan lima prioritas pembangunan untuk tahun anggaran 2022.

Masing-masing, percepatan pemulihan ekonomi lokal, peningkatan pemenuhan pelayanan dasar kesehatan dan pendidikan, pemerataan kualitas infrastruktur dasar, mitigasi bencana dan pengelolaan  lingkungan hidup dan pelaksanaan reformasi birokrasi tata  kelola pemerintahan.

Dia juga mengusulkan program kegiatan Pemprov Maluku. Diantaranya, peningkatan jalan Batu Putih  – Marantutul, pembangunan jalan Batu Putih – Wermatang, pembangunan talud di desa Alusi Batjasi, peningkatan kualitas dan pembangunan rumah layak huni, pemberdayaan masyarakat nelayan tangkap dan budidaya serta pengembangan UMKM.

Baca Juga  Dialog Publik IPMAKKUM, Refleksi di Awal Tahun 2022

“Total anggaran usulan Kabupaten Kepulauan Tanimbar kepada Provinsi Maluku sebesar 175 miliar lebih. Kami juga mengusulkan untuk diakomodir dalam APBN 2022. Tujuh program kegiatan sebagaimana yang kami sampaikan ini total anggarannya sebesar Rp.1,9 triliun,” sebut Petrus Fatlolon.

Dia terima kasih dan memberikan penghargaan untuk Gubernur dan pimpinan OPD Provinsi Maluku, yang telah mengalokasikan anggaran dalam kurun waktu lima tahun terakhir ke Pemda KKT.

“Kami memahami sungguh, kondisi pandemi ini juga mengakibatkan kesulitan keuangan negara termasuk kesulitan keuangan di Provinsi Maluku. kami di KKT juga mengalami dampak yang sama. Apalagi adanya refocusing anggaran yang diwajibkan kepada provinsi dan kabupaten – kota,” tuturnya.

Baca Juga  Bupati Minsel Franky Donny Wongkar SH., Hadiri High Level Meeting TPID dan TP2DD Sulut 2022

Hadir dalam Musrenbang-RKPD Provinsi Maluku diantaranya, Bupati KKT Petrus Fatlolon, Bupati Maluku Tenggara Muhamad Taher Hanubun, Bupati Seram Bagian Barat, Mohamad Yasin Payapo, Bupati – Wakil Bupati Maluku Tengah Abua Tuasikal – Marlatu Leleury, Bupati MBD Benjamin Noach, Bupati Aru Johan Gonga, Bupati Buru Selatan, Safitri Malik Soulissa, dan Walikota Tual Adam Rahayaan.

Sementara Bupati Seram Bagian Timur, Abdul Mukti Keliobas, Bupati Buru Ramli Umasugi, dan Walikota Ambon Richard Louhenapessy, belum diketahui apa alasan mereka sehingga tidak sempat hadir mengikuti Musrenbang-RKPD Maluku tersebut.

WIDER NURLATU

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *