Reses di Binusan, Ini Keluhan Masyarakat kepada H. Andi Mutammir

Dilihat 483 

TERASNKRI.COM | KALTARA NUNUKAN – Anggota DPRD Nunukan asal Dapil I Nunukan H. Andi Mutammir, SE melaksanakan Reses Masa Sidang II Tahun 2021 bertempat di Kantor Kepala Desa Binusan Nunukan, Minggu (12/4/2021)

Dalam reses tersebut H. Andi Mutammir, SE menerima keluhan masyarakat Desa Binusan terkait susahnya mendapatkan air bersih, terlebih dimasa musim kemarau

Ketua RT 06 Desa Binusan, Suganda menyampaikan, melalui rembuk Rukun Tetangga (RT), masyarakat telah menyediakan lahan seluas 1 Hektar untuk dihibahkan ke Pemerintah Daerah guna dibuat Embung guna terpenuhinya ketersediaan air bersih.

“Ada tujuh rukun tetangga berharap agar sarana prasarana air bersih segera direalisasikan dan dimanfaatkan warga, karena selama ini hanya mengkomsumsi air hujan dan memenuhi kebutuhan produksi pertanian dan perkebunan yang mereka garap di desanya” jelas Suganda

Suganda menambahkan ”Kami sudah bahas permasalahan ini ke Kepala Desa dan sudah kami siapkan lahan sekira 1 hektar untuk pembangunan embung di desa kami ini,”

Menurutnya selain suplay air bersih, masyarakat setempat juga bisa memanfaatkan ketersediaan penampungan air tersebut untuk bercocok tanam dan bertani.

”Harapan ini untuk mengantisipasi musim kemarau. Karena sulit mendapatkan air untuk tanaman, meskipun warga membuat bendungan sungai, airnya tidak bisa naik,” lanjutnya.

Baca Juga  Ringankan Beban Sesama, Hj. Nadia Bagikan Sembako Bagi Kaum Dhuafa

Sementara itu, Ketua RT.10 Amos, selain mengharapkan embung, juga meminta agar di bangunkan Tower Jaringan Telekomunikasi untuk mengatasai sulitnya fasilitas Internet dan telepon di desa Binusan.

”Kasihan anak – anak, apalagi saat ini anak anak kita kalau ada tugas sekolah, mereka harus ke balai desa agar memdapatkan jangkauan jaringan internet, sementara jarak balai desa dari Binusan Dalam cukup jauh, kalau siang hari tidak masalah, bagaimana kalau malam hari?,” ungkap Amos dengan nada tanya.

Mewakili masyarakat desa Binusan Dalam, Ketua RT 06 dan RT 10 berharap agar usulan tersebut bisa terealisasi dan dimanfaatkan warga setempat. Selain itu, warga juga mengusulkan ketersediaan pupuk bersubsidi seperti Pupuk Urea dan MPK, yang kini harganya tidak terjangkau.

Untuk mendukung produksi pertanian di Desa Binusan Dalam, warga mengusulkan jalan usaha tani, memudahkan akses dan pengangkutan kelapa sawit yang hendak dipasarkan ke kota.

Anggota DPRD Nunukan, H. Mutammir SE, MM menanggapi hal tersebut mengatakan, bahwa pembangunan embung di RT 10 akan ia koordinasikan ke PDAM Nunukan, sekaligus mengunjungi lokasi terkait kelayakan pembangunan embung. Lahan yang dipersiapkan masyarakat, lanjutnya, Perlu ada kesepakatan dengan pemerintah daerah terkait proses pemberian hibah sehingga tidak terjadi permasalahan di kemudian hari.

Baca Juga  Andre Pratama : KKP Terapkan Permen 59 Tahun 2020, Nelayan Pukat Hela Terancam Tak Bisa Melaut

Saat ini, lanjutnya, anggaran Pemerintah Daerah sangat terbatas, namun apabila lahan yang dimaksud bisa di hibahkan tentu akan memudahkan pemerintah daerah merealisasikan pembangunan embung tersebut.

”Ini sangat bagus apalagi ada warga yang ingin menghibahkan tanahnya untuk di buatkan embung, ini perlu kita koordinasikan ke PDAM terkait dengan lokasi kelayakan pembangunan embung,” jelas H. Andi Mutammir.

Untuk jalan utama dan jalan usaha tani, Lanjut H. Mutamir, hal tersebut sudah diteruskan ke Anggota DPRD Provinsi Kaltara terkait dengan peningkatan pembangunan badan jalan sebagai akses utama masyarakat.

”Terus kita sampaikan ini agar ada perhatian pemerintah provinsi untuk merealisasikan pembangunan jalan tersebut, kalau tahun ini tidak bisa maka ini menjadi tugas ketua RT sampaikan keluhan masyarakat dan nantinya ditindaklanjuti dalam rapat internal DPRD kemudian kembali mengkomunikasikan dengan provinsi kaltara,” pungkas H. Andi Mutammir, SE.

TN/***

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN DAN BERDOA KEPADA TUHAN YME UNTUK CEGAH COVID-19

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »
%d blogger menyukai ini: