BolmutNusantara

Tingkatkan Sistem Pengelolaan dan Pemeliharaan Kearsipan, Pemkab Bolmut Gelar Sosialisasi/Penyuluhan Kearsipan

Loading

TERASNKRI.COM | BOLMUT, SULUT – Sekertaris Daerah Kab. Bolaang Mongondow Utara Dr. Drs. Hi. Asripan Nani M.Si, membuka kegiatan Sosialisasi/Penyuluhan Kearsipan Di Lingkungan Instansi Pemerintah/Swasta Kabupaten Bolmut tahun 2021, bertempat di R.M Laviesta desa Kuala utara, Rabu (7/4/2021).

Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekertaris Daerah Dr. Drs. Hi. Asripan Nani M.Si, menyampaikan bahwa Arsip ini merupakan salah satu sumber informasi penting yang dapat menunjang proses kegiatan adiministrasi maupun birokrasi.

Baca Juga  Yerri Tewas Akibat Lakalantas di Jalan Trans AKD Desa Blongko,

Arsip Berfungsi sebagai pusat ingatan, alat bantu pengambilan keputusan, bukti eksitensi dan untuk kepentingan organisasi ataupun birokrasi, oleh karena itu arsip menjadi bagian yang penting untuk mendukung proses kerja adiministrasi dan pelaksanaan fungsi fungsi manajemen birokrasi.

Sebagaimana amanat yang tertuang dalam Undang Undang nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan bahwa pembinaan, pengelolaan, penyelamatan, pelestarian dan pelayanan arsip atau informasi menjadi kewajiban lembaga kearsipan.

Baca Juga  801 kendaraan Pemudik di Putar Balikkan oleh Polda Banten di hari Kelima

Maka untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan tentang pengelolaan arsip sesuai dengan peraturan yang berlaku, Kegiatan sosialisasi kearsipan ini sangat penting artinya bagi pemerintah daerah untuk meyeragamkan taat kearsipan yang dinamis di setiap unit kerja serta meningkatkan tertib adiminstrasi dalam menjunjung tugas tugas pemerintah.

Diharapkan kepada peserta sosialisasi ini dapat memahami fungsi dan peranan maupun sangsi pada pengelolaan arsip dalam sebuah pemerintahan, sehingga dapat menciptakan sumber daya manusia (SDM) aparatur yang bermutu dan bermartabat, meningkatkan sistem pengelolaan dan pemeliharaan kearsipan melalui penyediaan data yang akurat, serta mewujudkan pelayanan yang baik.

Baca Juga  Bupati Matim Agas Andreas : Ternak Sapi Bisa Membantu Perekonomian Masyarakat

Turut hadir, Kepala Dinas Kearsipan Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kabid Pembinaan Arsip Selly Mengko SP, ME, Asisten Adiminstrasi Umum Uteng Datunsolang S.Pd, M.Si, Pimpinan OPD, serta Para Peserta Sosialisasi.

(Rifai M.)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *