BolmutNusantaraPembangunanSulawesi

Bupati Bolmut Pimpin Musrenbang Tingkat Kecamatan Melalui Vidcon

Loading

TERASNKRI.COM | SULUT, BOLMUT – Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh membuka sekaligus memimpin pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tingkat Kecamatan Tahun 2021, Untuk Merumuskan Rencana Pembangunan Kecamatan Tahun 2022 Melalui Video Conference yang bertempat di ruang Rapat Bupati Bolmut, (Kamis 25/2/2021)

Dalam Kesempatan tersebut, Kegiatan “Musrenbang” ini sesungguhnya adalah acara yang bersifat tahunan, berkala, boleh disebut rutin. dirinya berharap janganlah hanya dianggap pekerjaan yang biasa-biasa saja, sebaliknya gunakanlah wahana ini untuk bersama-sama merumuskan rencana pembangunan yang akan kita jalankan bersama, agar pembangunan itu betul-betul berhasil. Di sinilah pula ruang untuk saling berinteraksi, salin menyampaikan pandangannya, tetapi sekaligus saling mendengar agar solusi yang pilih, keputusan diambil dan kebijakan pembangunan yang ditetapkan benar-benar tepat untuk mengatasi keadaan, utamanya tahun ini tentunya untuk tahun-tahun mendatang.

Bupati Bolmut menyampaikan bahwa musrembang kecamatan ini pada intinya adalah menghimpun aspirasi masyarakat sebagai bahan penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2021, yang sebelumnya telah merumuskan program dan kegiatan prioritas kecamatan melalui musrembang desa dan pra-musrembang kecamatan. Rumusan ini sangat penting karena akan memberikan kepastian dan arah kepada pembangunan tahun 2022 yang betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat berdasarkan hasil kesepakatan bersama dan bukan berdasarkan keinginan oleh segelintir masyarakat ataupun orang perorang semata.

Baca Juga  Operasi Yustisi, Polsek Teluk Mengkudu Himbau Masyarakat Patuhi Prokes

Dirinya berharap kepada kita semua yang hadir dalam forum ini, untuk menghargai rumusan yang akan dihasilkan sebentar nanti. Setelah rumusan ini ditetapkan, saya berharap jangan ada lagi pihak-pihak khususnya pemangku kepentingan di desa, kecamatan yang melakukan potong kompas usulan pada saat penyusunan APBD. Karena hal ini dapat mencederai kesepakatan yang telah kita rumuskan bersama.

Dijelaskan bahwa paradigma sistem perencanaan telah berubah dari yang semula bersifat KONVENSIONAL yang semuanya diatur oleh pemerintah, sekarang telah berubah karena PARTISIPATIF. perencanaan pembanguan partisipatif sudah tentu peka terhadap dinamika perubahan dan kebutuhan masyarakat karena melibatkan seluruh komponen masyarakat. untuk itu perencanaan harus dapat dipertanggungjawabkan, sehingga tujuan mewujudkan Bolmut yang berkelanjutan, mandiri, berbudaya dan berdaya saing dapat terwujud.

Baca Juga  Gubernur Banten : Sosok Komjen Listyo Sigit, Humanis dan Sangat dekat dengan Para Ulama

Dalam sambutannya bupati bolmut menyampaikan bahwa bertitik tolak dari berbagai permasalahan, potensi, dan tantangan pembangunan di kabupaten bolmut yang ada saat ini, serta memperhatikan RPJPD kabupaten bolmur tahun 2005-2025, RPJMD tahun 2018-2023 maka dirumuskan 5 prioritas pembanguan daerah pada tahun 2022 diantaranya:

  1. Penurunan angka kemiskinan dan pengagguran.
  2. Peningkatan kualitas SDM masyarakat.
  3. Penigkatan daya saing produk unggulan daerah.
  4. Penyederahanaan birokrasi dan peningkatan pelayanan publik.
  5. Pemantapan infrastruktur dasar dan infrastruktur penunjang.

Prioritas-Prioritas pembangunan tersebut, hendaknya menjadi perhatian dan acuan bagi kita semua dalam merencanakan program kegiatan tahun 2022 yang selanjutnya akan menjadi bahan dalam penyusunan dokumen RKPD, KUA-PPAS dan Rancangan APBD tahun anggaran 2022.

Kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2021, Untuk Merumuskan Rencana Pembangunan Kecamatan Tahun 2022 dilaksanakan secara daring yaitu menggunakan Video Conference sebagai bentuk physical distancing sebagaimana himbauan Pemerintah untuk menekan Penyebaran Wabah Covid -19.

Baca Juga  Eduard D. J. Nelwan, SE. Terpilih sebagai Hukum Tua Desa Tombasian Atas satu

Diakhir sambutannya dirinya menyampaikan mudah-mudahan kita sekalian bisa mejalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya. marilah kita ambil tanggung jawab ini dengan sepenuh hati dan kita sukseskan pembangunan di daerah kabupaten bolmut. selamat bermusyawarah, semoga apa yang kita rumuskan pada pertemuan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan khususnya bagi masyarakat Bolmut.

Turut Hadir Wakil Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena MAP, Ketua DPRD Bolmut Frangky Chandra, Sekertaris Daerah Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si, Para Asisten Sekda, Para staf ahli, para staf khusus Bupati, Sekertaris Bapelitbang, Pimpinan Perangkat Daerah dan Para Camat Se Kabupaten Bolmut.

RM

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19   

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *