HukumNASIONAL

Detik-detik Abu Bakar Baasyir Bebas Penjara

Loading

TERASNKRI.COM | JAKARTA – Detik-detik Abu Bakar Baasyir bebas keluar Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Abu Bakar Baasyir bebas penjara Pukul 05.21 WIB.

Sebagaimana dilansir melalui Suara.com, setelah bebas penjara, Abu Bakar Baasyir pun langsung dibawa dengan mobil ke Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Dalam perjalanannya, Abu Bakar Baasyir dikawal 4 mobil. Termasuk ambulans.

Abu Bakar Baasyir menumpang mobil Hyundai berpelat nomor AD 1130 WA.

Baca Juga  Presiden: Terus Lanjutkan Reformasi Struktural dan Permudah Izin Usaha

Hari ini Abu Bakar Baasyir bebas penjara, Jumat (8/1/2021). Abu Bakar Baasyir  merupakan terpidana kasus terorisme.

Abu Bakar Baasyir bebas dari Rutan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

Setelah bebas, Baasyir bakal menjalani program deradikalisasi terlebih dahulu didampingi oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Sebelumnya, Juru bicara BNPT Eddy Hartono mengatakan program deradikalisasi tersebut sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 5 Tahun 2018 dan Peraturan Pemerintah nomor 77 Tahun 2019. Deradikalisasi tersebut dilakukan kepada pihak yang terpapar paham radikal.

Baca Juga  Presiden: Persiapkan Rencana Vaksin Covid-19 dengan Baik

“Deradikalisasi ini dilaksanakan kepada tersangka, terdakwa, terpidana, narapidana, mantan narapidana, dan orang atau kelompok yang sudah terpapar paham radikal terorisme,” kata Eddy dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/1/2021)

Eddy menuturkan bahwa BNPT telah berkomunikasi dengan Baasyir maupun pihak keluarganya. Selain itu BNPT juga bakal bekerja sama dengan stakeholder terkait demi kelancaran jalannya program deradikalisasi seperti lembaga pemasyarakatan (Lapas), Polri, dan Departemen Agama.

Baca Juga  Presiden Inginkan Skenario Menyeluruh untuk Antisipasi Mudik Saat Pandemi Covid-19

“Sehingga, program deradikalisasi ini yaitu memberikan wawasan kebangsaan, wawasan keagamaan, dan bahkan kewirausahaan yang dapat dilaksanakan dengan baik,” ujarnya.

Dengan adanya program deradikalisasi tersebut, pihak BNPT berharap Baasyir dapat memberikan dakwah yang penuh kedamaian serta kesejukan.

TN/Suara.com

“JANGAN LUPA : MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19″

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *