BeritaNunukan

130 WNI Yang Akan Dipulangkan Dari Malaysia, Wajib Mengikuti Protokol Penanganan Covid-19

Loading

www.teras-nkri.com | Nunukan – Informasi Pemulangan WNI dari Malaysia sejumlah 130 orang dengan rencana kedatangan Jumat 15 Mei 2020 melalui Pelabuhan Tunontaka, Tim Tekhnis Kesehatan akan melaksanakan Protokol Penanganan Covid-19 terhadap para WNI tersebut, dengan mekanisme screening dokumen berupa sertifikat kesehatan yang harus dibawa oleh para WNI dari Malaysia, selanjutnya dilaksanakan pemeriksaan suhu badan, tanda dan gejala covid-19 dan juga dilakukan pemeriksaan rafid test, disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kab. Nunukan, Aris Suyono, Kamis 14/5/2020. 
“Semua WNI yang baru datang hendaknya mematuhi semua protokol kesehatan termasuk protokol untuk kekarantinaan yang harus dijalankan, ketika ditemukan diantara pelaku perjalanan, satu yang ditemukan positif rafid test maka akan dilaksanakan karantina secara keseluruhan, dan ditempatkan di Rusunawa serta tempat – tempat yang telah dipersiapkan untuk proses kekarantinaan/isolasi,” ujar Aris.
“Apabila ditemukan hasil rafid tes positif otomatis akan dilakukan karantina menyeluruh, sehingga tidak akan diberangkatkan ke daerah tujuan, dimana 98 dari 130 orang WNI yang dipulangkan dari Tawao Malaysia akan melanjutkan perjalanan menuju Pare – pare Sulawesi Selatan,” jelas Aris.
Ada Perbedaan data antara Gugus Tugas Provinsi dan Gugus Tugas Kabupaten pada Rabu 13 Mei 2020, data dari Provinsi menyebutkan adanya penambahan pasien konfirmasi warga Nunukan pada hari Rabu 13 Mei 2020, setelah dikonfirmasi, ternyata benar ada penambahan 1 pasien konfirmasi namun dirawat di RSUD Kabupaten Malinau, jadi masuknya dalam pendataan Kabupaten Malinau, bukan data Kabupaten Nunukan.
Program PANKESIA memasuki hari ke – 3, data yang masuk sudah mencapai 6,4% atau 280 kunjungan dari 4353 sasaran kunjungan, Puskesmas Sei. Taiwan Kec. Sebatik 65,6%, Puskesmas Mansalong Kec. Lumbis 36,2%, Puskesmas Sei. Manggaris 18,3%, Puskesmas Aji. Kuning Kec. Sebatik Tengah 15,8%, Puskesmas Long Layu Kerayan Selatan 9,6%, Puskesmas Sei. Nyamuk Sebatik Timur 7,4%, Kec. Sebuku Puskesmas Pembeliangan 5,6%, Puskesmas Setabu Sebatik Barat 2,1%, Puskesmas Sedadap Nunukan Selatan 1,8%, Puskesmas Nunukan Timur 0,2%.
Data Penanganan Covid-19 Kabupaten Nunukan Kamis, 14/05/2020 Pukul 12:00 Wita

ODP bertambah 10 orang terkait dengan kegiatan surveylans aktif, Sebatik Tengah 2, Sebatik Barat 1, Sebuku 1, Nunukan 4, Nunukan Selatan 1, Semanggaris 1. Total ODP dipantau 25 orang.
OTG tidak ada penambahan, OTG dipantau 55 orang
PDP bertambah 1 terkait surveylans aktif, total PDP terpantau 4 orang
Pasien Konfirmasi tetap sebanyak 36 orang

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *