AdvetorialPilkada Serentak 2024Politik

Soal Dana RT, ZIAP Bakal Berikan Lebih dari Rp 100 Juta, jika PAD Kaltara Surplus

Loading

TERASNKRI.COM | JAKARTA – Pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kalimantan Utara (Kaltara) nomor urut 2, Zainal Arifin Paliwang dan Ingkong Ala berkomitmen untuk melanjutkan pemberian insentif kepada para ketua RT. Tak hanya itu, ZIAP juga akan memberikan dana RT lebih dari Rp 100 juta per tahun, namun jika Pendapat Asli Daerah (PAD) Kaltara surplus.

Hal ini disampaikan Zainal-Ingkong saat dipertanyakan terkait persetujuannya soal dana RT oleh Pasangan calon (Paslon) Nomor Tiga.

Baca Juga  Fenomena Politik Uang

Cagub Kaltara, Zainal Arifin Paliwang menegaskan meskipun pertanyaan tersebut di luar sub tema debat yang ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltara.

“Kami tidak ada masalah, karena kami sudah membuktikan kami sudah melaksanakan program ini. Hanya kami bisa laksanakan untuk satu bulannya hanya Rp 500 ribu kepada ketua RT per bulan. Kalau PAD kita meningkat bahkan bisa kita berikan dana RT lebih dari Rp 100 juta atau Rp 200 juta,” ujar Zainal, Senin (21/10/2024).

Baca Juga  Kepala Cabang Neny : Produk Kesehatan One More Terbukti Berkhasiat Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Ia mengatakan, secara logika pemberian dana RT tersebut harus melihat anggaran yang ada. Tetapi kalau melihat anggaran tahun depan itu ada peningkatan PAD tentu insentif RT akan ikut bertambah.

Zainal menegaskan pemerintah harus melihat secara rasional terkait rasionalisasi anggaran yang ada dengan pembagian dana.

Jumlah RT se- Kaltara adalah 3.500 lebih jika kali Rp 100 juta maka anggaran yang harus dikucurkan kurang lebih Rp 350 miliar.

Baca Juga  Ketua Korwil DPP Partai Nasdem Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Restorasi Partai Nasdem Buru

Ditambahkan Cawagub Kaltara, Ingkong Ala, secara logika jangan menjanjikan namun harus mengutamakan realistis untuk dikerjakan oleh pemerintah.

“Lebih urgen masalah kesehatan dan masalah lain ini kemudian untuk kita lihat kalau memang PAD-nya tahun depan bisa naik, kita setuju untuk membantu RT. Tapi tidak muluk-muluk sampaikan tersebut, belum bisa janji-janji,” tegasnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *