Kalimantan UtaraPemprov Kaltara

POPDA ke I Kaltara Berakhir, Kota Tarakan Jadi Juara Umum

Loading

POPDA : Gubernur Kaltara, DR (HC) Zainal A Paliwang, M.Hum membuka gelaran Popda ke I Kaltara beberapa waktu lalu. Foto : DKISP Kaltara

TERASNKRI.COM | TARAKAN, KALTARA – Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke I Kalimantan Utara (Kaltara) yang berlangsung meriah dimulai dari tanggal 24 hingga 29 Juli 2024 digelar di Kota Tarakan resmi berakhir. Kota Tarakan selaku tuan rumah berhasil menjadi juara umum dengan perolehan 16 medali.

Pada even olahraga pelajar terbesar di Kaltara ini, telah menghadirkan sebanyak 550 atlet pelajar dari berbagai kabupaten/kota se-Kaltara. Dengan rincian, dari Kabupaten Bulungan sejumlah 25 peserta, Nunukan 34 peserta, Kabupaten Tana Tidung 47 peserta, Kabupaten Malinau 87 peserta, dan Kota Tarakan sebanyak 100 peserta.

Baca Juga  Pemprov Gaet Investor untuk Bangun RSUD Tanjung Selor

Sedangkan peringkat kedua disusul dari pelajar Kabupaten Bulungan total 11 medali. Kemudian disusul Kabupaten Nunukan berhasil dengan 10 medali, lalu Kabupaten Tana Tidung dengan 9 medali dan Kabupaten Malinau memperoleh 9 medali.

Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltara, Ir. Yosua Batara Payangan, S.T., M.Si., mengungkapkan rasa bangga dan mengapresiasi atas dukungan semua pihak yang telah mensukseskan gelaran olahraga pemuda perdana di tingkat provinsi ini.

“Jadi kita Popda ini kita bisa mengukur dan menghasilkan atlet – atlet Kalimantan Utara yang akan bisa bertanding nantinya di Pra Popnas di Solo Jawa Tengah dan Popnas 2025 di Aceh Sumatera Utara,” katanya.

Baca Juga  Dukung Timnas Indonesia, Polres Minsel dan Polsek jajaran Nobar Semi Final AFC Asian Cup U23

Dengan Popda bisa mengukur kemampuan atlet – atlet pelajar yang baik yang melalui pendidikan pelatihan di daeranya masing – masing maupun yang melalui Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) Pemerintah Provinsi Kaltara.

“Artinya kita bisa mengetahui untuk 8 cabang oleharaga ini ada atlet – atlet yang bisa berprestasi dan harapan kita mereka bisa menghasilkan prestasi lebih tidak hanya di daerah tapi juga ditingkat nasional,” tuntasnya.

Baca Juga  Pengurus DPP KPM Bone Provinsi, DPK KPM Bone Bulungan dan IWK Kaltara Resmi Dilantik

Gubernur Kaltara DR. (HC). H. Zainal A. Paliwang, SH., M.Hum mengungkapkan, gelaran ini merupakan ajang mencari bibit atlet di provinsi ke 34 ini.

“Popda ini merupakan ajang olahraga antar pelajar tingkat tertinggi di Kaltara, yang bertujuan untuk membina serta mengasah potensi yang dimiliki pelajar dalam bidang olahraga,” kata Gubernur.

Menurutnya, sebagai event olahraga pelajar tertinggi di tingkat Provinsi, Popda ke – I ini dapat berjalan dengan baik dan sukses, maka dari itu Pemprov Kaltara memberi dukungan penuh atas terselenggaranya event ini.(TN-Adv/DKISP Kaltara)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *