Kalimantan Utara

BI Kaltara Bersama Pemprov Kaltara dan Pemkab Bulungan Panen Bersama dan Tanam Perdana Cabai Sistem Proliga

Loading

TERASNKRI.COM | BULUNGAN, KALTARA – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Utara bersama Pemprov Kalimantan Utara dan Pemkab Bulungan melaksanakan panen bersama dan tanam perdana cabai dengan sistem PROLIGA (Produksi Lipat Ganda) bertempat di Desa Salimbatu SP-7 Kec. Tanjung Palas Tengah Kab. Bulungan, Kamis (20/6/2024)

Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Kalimantan Utara yang diwakili staf Bidang Hukum Robby Yuridi Hartman, S.Sos., Bupati Bulungan Syarwani serta Kepala Kantor Perwakilan BI Kaltara Wahyu Indra Sukma dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan ini sendiri telah diinisiasi sejak akhir tahun 2023 guna mendukung strategi pengendalian inflasi melalui peningkatan kapasitas produksi komoditas pangan strategis di Provinsi Kalimantan Utara.

Baca Juga  Bulungan Satu-Satunya yang Raih Penghargaan KLA

Kepala BI Kaltara, Wahyu Indra Sukma menyampaikan, BI bersama Pemda baik provinsi dan kabupaten yang ada di Kalimantan Utara terus berupaya mendorong peningkatan produktivitas cabai dalam mendukung pengendalian inflasi di Kalimantan Utara.

“Demonstrasi plot dengan mengunakan tekhnik Produksi Lipat Ganda telah diinisiasi bersama Pemkab Bulungan sejak akhir tahun 2023, dan hasilnya terdapat kenaikan produksi sebesar 11% (yoy0 dari sebelumnya 6,8 ton/Ha menjadi 7,6 ton/Ha, peningkatan produksi ini diharapkan dapat terus berlanjut dan menjadi model bisnis baru yang dapat di replikasi kelompok tani cabai lainnya agar dapat meningkatkan produksi cabai di Prov. Kalimantan Utara secara keseluruhan.

Sementara itu dalam sambutannya, Gubernur kalimantan Utara yang diwakili staf Bidang Hukum Robby Yuridi Hartman menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia yang telah menginisiasi tanam dan panen dalam rangka pengendalian inflasi .

Baca Juga  Resmi Naik Per 1 Januari 2021, Ini Rincian Iuran BPJS Kesehatan

“Kegiatan panen dan tanam cabai ini diharapkan menjadi salah satu langkah komunikasi efektiv dalam menggaungkan upaya ketersediaan pasokan di prov. Kalimantan Utara yang utamanya produk pangan yang sering memberikan andil inflasi seperti cabai merah dan cabai rawit” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, guna peningkatan evektivitas dan efisiensi, kepada kelpmpok tani Sumber Pangan Desa Salimbatu diberikan bantuan sarana dan prasarana digital farming berupa Rafid Soil Check (RSC). Alat tersebut diberikan guna meningkatkan produktivitas dan mengintegrasikan sistem PROLIGA dengan teknologi.

Baca Juga  Pemprov Berikan Bantuan Tunai ke Korban Kebakaran

” Penggunaan Rafid Soil Check (RSC) dapat memberikan informasi terkait kondisi tanah serta memberikan rekomendasi terkait penggunaan pupuk yang sesuai sehingga dapat memaksimalkan produksi dan mengifisienkan biaya” tutur Kepala Perwakilan BI Kaltara, Wahyu Indra Sukma.

Selain itu Pemkab Bulungan juga memberikan bantuan Saprodi berupa benih cabai, pupuk NPK, plastik Mulsa, dan sungkup untuk mendukung peningkatan produksi cabai oleh petani di kab. Bulungan. (TN-Adv/KPw BI Kaltara)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *