MalukuNamleaNusantara

Kantor UPP Kelas II Namlea Siap Suksekan Program Mudik Gratis Dirjen Perhubungan Laut

Loading

Kepala UPP Kelas II Namlea Abdurahman Nakul, SE

TERASNKRI.COM | NAMLEA, MALUKU – Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut akan mengadakan program Mudik Gratis bagi para pemudik menjelang masa libur lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah Tahun 2024. Program mudik gratis akan diberlakukan menggunakan kapal dari berbagai pelabuhan embarkasi/pemberangkatan di seluruh wilayah Indonesia.

Hal ini juga akan dilakukan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Namlea, dalam rangka mendukung program pemerintah untuk memberikan pelayanan transportasi laut yang aman, nyaman, tertib, lancar dan terjangkau.

Program ini ditujukan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik pada masa libur lebaran tahun 2024/1445 Hijriyah. Rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 25 Maret sampai 9 April 2024 untuk arus mudik, dan tanggal 12 sampai 25 April 2024 untuk arus balik.PL

Baca Juga  Lantik 72 Sangadi Terpilih, Bupati Bolmut : "Lakukan Pelayanan yang Baik, Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Bawa Perubahan dan Tumbuhkan Ekonomi yang Signifikan di Desa"

Pada masa penyelenggaraan angkutan laut lebaran tahun 2024 tersebut, Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut menyelenggarakan kegiatan Tiket Gratis sepeda motor dan penumpang kapal laut pada masa angkutan Lebaran Tahun 2024.

Terkait hal tersebut, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Namlea, Abdurahman Nakul, SE saat diwawancarai Media ini di ruangan kantornya, Sabtu (16/3/2924) menyampaikan akan kesiapan pihaknya dalam hal menghadapi hal itu.

Kesiapan armada kapal penumpang angkutan Lebaran pada masa Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, sebanyak 8 call kapal, terdiri dari 4 call kapal pelayaran Nasional, 2 call kapal Perintis dan 2 call kapal lokal atau kapal cepat,” ungkapnya.

Baca Juga  Satuan Samapta Polres Minsel Gelar Latihan Simulasi Patroli dan Pengawalan Obvit

Sedangkan waktu penyelenggaraan Posko Angleb 2024, kata Abdurahman, posko dimulai tanggal 25 Maret dan berakhir tanggal 25 April 2024. sedangkan puncak arus Mudik di prediksi ditanggal 7 april sampai tanggal 9 April, dan puncak Arus Balik diprediksi 12 april sampai 16 april 2024.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, untuk pelayaran lokal terdiri dari 2 kapal, KM. Cantika Lestari 8F, dan KM. Cantika Lestari 6E. Kesiapan Armada untuk kapal Cantika Lestari 8F melayani arus mudik gratis dari tanggal 5 dan tanggal 8, itu dari Ambon tujuan Namlea.

Sedangkan Arus Balik tanggal 12 dan tanggal 14 dari Namlea tujuan Ambon, itu pelayanan mudik gratis kapasitas penumpang berjumlah 500 orang untuk satu kali pemuatan atau satu kali berjalan atau berlayar. Itu ada 4 kol kapal dari Ambon, dan dua dari Namlea untuk kapasitas penumpang gratis berjumlah 2.120 penumpang.

Baca Juga  Mau Kabur, Dor..! Betis Kiri Kaki Bandar Sabu Tanjung Buluh Dilumpuhkan

Ditanya soal informasi pindahnya kapal cepat dari pelabuhan Kayeli-Namlea, dia mengatakan pihaknya tidak mengizinkan KM. Lestari 6F dan 8F untuk sadar atau singgah di dermaga merah putih.

“Kami tidak izinkan kapal cepat KM. Cantika lestari 6F dan Cantika 8F untuk sandar dan tambat di pelabuhan lokal Dermaga Merah Putih, mengingat alur masuk sangat sempit dan berliku liku, karena terjadi kedangkalan di areal jalur pelabuhan,” jelasnya. (Grace)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *