Kalimantan UtaraPemprov Kaltara

Gubernur Lepas Kontingen Kaltara ke Ajang STG XI Magelang

Loading

TERASNKRI.COM | TARAKAN, KALTARA – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Drs H Zainal A Paliwang, SH, M.Hum., melepas keberangkatan kontingen Kaltara dalam ajang Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) XI di Magelang, Provinsi Jawa Tengah. STG tingkat nasional ini nantinya memperebutkan piala bergilir Presiden yang berlangsung 1-5 November 2023.

 

Gubernur Zainal mengapresiasi serta bangga atas keikutsertaan Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha (LPTG) yang telah mempersiapkan diri dengan baik untuk mengikuti event nasional ini.

Baca Juga  Gubernur : Zakat Fitrah Jadi Wadah Kebangkitan Ekonomi Umat

 

“Saya berharap agar nantinya dapat membawa dan menjaga nama baik Kaltara, yang seperti beberapa tahun lalu sudah menunjukkan prestasi luar biasa di event yang sama,” ujar Gubernur Zainal pada acara pelepasan Kontingen STG di Terminal VIP Bandara Juwata Tarakan, Senin (30/10/2023).

 

Melalui pelaksanaan STG sebagai pembentukan spiritual umat Buddha, Gubernur Zainal berpesan kepada generasi muda penerus Buddha tidak hanya tau membaca kitab Tripitaka dan ilmu keagamaan dengan baik tetapi dapat memahami nilai-nilai kebaikan dikehiduoan bermasyarakat.

Baca Juga  Temui Gubernur, Pemkot Tarakan Tindaklanjuti Wacana Pemanfaatan Air Sungai Sekatak

 

“Dan tentu kedalaman iman spiritual sangat dibutuhkan untuk para generasi muda agar bisa menemukan arti kedamaian dalam diri,” imbuhnya.

 

STG merupakan perlombaan keagamaan Buddha tingkat nasional dalam menyiarkan atau mengembangkan Tripitaka sebagai Kitab Suci Agama Buddha.

Baca Juga  Gubernur Buka Pelantikan DPW-ADI Kaltara 2024-2029, Dorong Inovasi Pendidikan

 

Bagi umat Buddha, STG merupakan event yang sangat bergengsi yang dilaksanakan setiap tiga tahun sekali, dan di tahun 2023 ini kontingen STG Kaltara memberangkatkan 45 orang yang nantinya akan mengikuti 9 cabang lomba dari total 14 cabang lomba meliputi keterampilan, kreativitas, seni budaya, dan ilmu pengetahuan. (TN-Adv/DKISP Kaltara)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *