Nunukan

Kecamatan Sebatik Timur Gelar Rakor, Evaluasi Peningkatan Kualitas dan Kapasitas Serta Peran Kelembagaan

Loading

Rakor Kelembagaan Sebatik Timur

TERASNKRI.COM | NUNUKAN, KALTARA – Bertempat di ruang Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Sei. Nyamuk Kec. Sebatik Timur Kab. Nunukan Prov. Kalimantan Utara, Pemerintah Kec. Sebatik Timur Kab. Nunukan menggelar Rapat Koordinasi, Evaluasi Peningkatan dan Kapasitas Serta Peran Kelembagaan, Kamis (7/9/2023)

Camat Sebatik Timur H. Andi Joni, SE., MM diwakili Kasi Pemberdayaan Masyarakat Andi Muliama, ST., MT pada saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan pentingnya peran kelembagaan bagi peningkatan peran masyarakat dalam peningkatan pembangunan di desa.

“Kelembagaan seperti PKK, LPM, Karang Taruna, Organisasi Kemasyarakatan, Keagamaan dan lembaga lembaga lainnya baik di tingkat desa maupun kecamatan dapat membantu meningkatkan peran serta masyarakat bagi memberikan masukan – masukan untuk dibawa dalam kegiatan Musrenbangdes dan Musrenbang Kecamatan agar dapat lebih terarah dalam pengajuan usulan – usulan yang menjadi skala prioritas serta untuk penganggaran yang lebih tepat sasaran” ujar Andi Muliama dalam sambutannya.

Baca Juga  Giliran Murid MI As'adiyah Sei. Nyamuk Dapat Vaksinasi dari BIN Kaltara

Sementara itu, Staf Ahli P3MD Kabupaten Nunukan, Lukman, S.Pi selaku pemateri dalam rakor ini menyampaikan peran penting kelembagaan seperti PKK, Karang Taruna dan lainnya sebagai penggerak pembangunan di tingkat desa dengan memberikan ide – ide dan masukan – masukan, seperti PKK misalnya, bisa menurunkan tingkat kematian Ibu dan balita, pencegahan stunting, pemberdayaan ekonomi keluarga dan lain sebagainya.

Kegiatan rakor dan evaluasi tersebut mendapat tanggapan dan masukan yang positif dari peserta yang hadir, salah satunya adalah Ketua MUI Kec. Sebatik Timur Ust. Suniman Latasi, BA yang memberikan masukan agar penggunaan anggaran yang berasal dari APBD dapat lebih di fokuskan pada pencapaian pembangunan serta adanya perhatian yang lebih kepada imam – imam masjid dan guru guru agama.

Baca Juga  Usai Cekcok Dengan Suami, IRT di Nunukan Gantung Diri

Rakor

Masukan dari Sekretaris PHBI Kec. Sebatik Timur, agar lembaga – lembaga keagamaan seperti Dewan Masjid Indonesia serta Majelis Ulama Indonesia dalam Kec. Sebatik Timur, kedepan dapat berkolaborasi apabila melaksanakan kegiatan keagamaan.

Sementara itu, Syaharuddin selaku Ketua BKAD Sebatik Timur mempertanyakan kelanjutan kegiatan BKAD kedepannya, dan dapat diberikan solusi untuk kegiatan – kegiatan di masa mendatang.

Baca Juga  Bupati Laura Hadiri Rakor Program Pemberantasan Korupsi Se - Kaltara

Ketua Forum Bela Negara (FBN) Sebatik, Jumadi mengharapkan agar di masa mendatang pihak FBN dapat juga dilibatkan dalam kegiatan kegiatan yang dilaksanakan.

Mewakili Camat Sebatik Timur, Andi Muliama menyampaikan akan menampung dan membuat berita acara hasil rakor kemudian meneruskan ke pimpinan untuk dapat ditindaklanjuti.

Diakhir pertemuan Andi Muliama menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para peserta yang hadir dan mengikuti hingga tuntas kegiatan Rakortersebut

Kegiatan yang diikuti sekitar 59 peserta yang terdiri dari unsur PKK, Taruna Desa, Kader Pos Yandu, BUMDES, serta LPM dan Lembaga – lembaga se – Kec. Sebatik Timur diakhiri dengan foto bersama. (TN-Adv/990)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *