Kalimantan UtaraPemprov Kaltara

Hari Lahir Pancasila, Wagub Yansen ; Gotong Royong Turunkan Stunting

Loading

TERASNKRI.COM | TANJUNG SELOR – Wakil Gubernur Kaltara, Dr Yansen TP, M.Si memimpin apel peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Agatis, Kamis (1/6/2023). Hadir dalam peringatan itu Anggota Forkopimda, kalangan mahasiswa dan pelajar serta ASN di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kaltara

Wagub membacakan sambutan tertulis Presiden Joko Widodo. Dalam sambutannya, Pancasila dan Nilai-Nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah dasar, pandangan hidup bangsa dasar negara, Ideologi dan kekuatan pemersatu bangsa, sumber dari segala sumber hukum.

Baca Juga  Gubernur Paliwang Luncurkan Program ASN Menyapa

“Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keberagaman yang ada sekaligus sebagai bintang penuntun. Dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita cita pendirian negara,” katanya.

Pancasila digali dan lahir di Indonesia untuk itu sudah selayaknya kita bangsa Indonesia mengaktualisasikan Pancasila. Sehingga Pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan berbangsa, bermasyarakat dan Bernegara.

Baca Juga  Rakor Lintas Sektoral, Gubernur Antisipasi Peningkatan Covid-19 Jelang Idul Fitri

“Pancasila mengandung nilai-nilai etis yang berakar pada pengalaman faktual, pengalaman akal dan pengalaman religius bangsa Indonesia,” terangnya.

Dalam kesempatan ini disampaikan juga bahwa angka stunting masih tinggi dan berada di atas ambang batas yang ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yaitu 20 persen.

Baca Juga  Gubernur Zainal dan Wagub Yansen Hadiri PKA Angkatan III, Minta ASN Lebih Kreatif dan Inovatif

“Untuk mengatasinya mengajak seluruh komponen masyarakat bergotong royong untuk menurunkan angka Stunting di Indonesia. Hal ini merupakan kerja nyata pengaktualisasian nilai-nilai luhur Pancasila,” katanya. (TN-Adv/DKISP Kaltara)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *