BolmutNusantara

Maksimalkan Pengawasan dan Penyebarluasan Informasi, Bawaslu Bolmut Jalin Sinergitas dengan Insan Pers

Loading

terasnkri.com | Bolmut, Sulut -Mengingat kebutuhan penyebarluasan informasi terkait tahapan Pemilu 2024, mekanismenya, kepentingan Pemilu, serta fungsi dan tujuan Pemilu itu dilaksanakan, serta proses pengawasannya, Bawaslu Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar RAKERNIS (Rapat Kerja Teknis) dan sinergitas dengan sejumlah insan pers di Bolmut.

Kegiatan tersebut bertempat di Desa Tombulang Pantai, Kecamatan Pinogaluman, Kamis (16/3/23).

RAKERNIS tersebut mengusung tema “Pemberitaan Bersama Media Terkait Penyusunan Daftar Pemilih Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kabupaten Bolmut” serta mengahdirkan sejumlah pemateri yakni DR. Arter Datunsolang, M.Si, Raden Mokoginta, S.T, dan Ramla Gumohung, S.Pd, serta dihadiri unsur pimpinan dan staf Bawaslu Bolmut serta Insan Pers.

Baca Juga  Hari ke-2, Polda Kaltara Amankan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pada PSU Dapil 1 Kota Tarakan

Point penting yang disampaikan oleh Arter Datunsolang tentang hakikat pengawasan Pemilu, tidak hanya tanggung jawab Bawaslu. Tetapi masyarakat luas termasuk Insan Pers. Bahwa keduanya memiliki hak dan tanggung jawab sama, ditugaskan untuk menjaga demokrasi yang kondusif bermoral dan beradab.

Hal senada disampaikan Ramla Gumohung,
“Sebagian besar mindset masyarakat, pengawasan Pemilu hanya menjadi tanggung jawab Bawaslu. Maka dari itu, selain sebagai media informasi, pers juga punya peran sangat penting melakukan kontrol sebagai pengawasan jalannya Pemilu. Tanpa adanya ajakan dari Bawaslu, sudah seharusnya pers ikut berperan sebagai pengawas partisipatif melalui media jurnalistiknya baik online maupun cetak,” kata pemateri, Ramla Gumohung.

Baca Juga  Puskesmas Mukun Laksanakan Vaksinasi di Sekolah

Ia juga berpesan kepada Insan Pers, agar menjadi media informasi tentang kepemiluan yang memiliki peran sebagai pengawasan partisipatif. Dan menjadi mitra yang dilandasi dengan surat keputusan bersama, sebelum masa tahapan kampanye pemilu berlangsung.

“Saya cukup memberikan apresiasi bahwa kegiatan ini telah dilaksanakan oleh Bawaslu, dalam hal melibatkan Insan Pers. Dan ini menjadi sebuah langkah maju untuk mewujudkan demokrasi berkualitas dan beradab khsusunya di Kabupaten Bolmong Utara,” ujar Gumohung.

Baca Juga  Aneka Kuliner Melalui UKM Kampung Sehat Desa Jango Tembus Pasar Luar Daerah

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bolmut, Irianto Pontoh menambahkan bahwa Insan Pers berkewajiban memberikan informasi, mengedukasi dan melakukan pengawasan dalam tahapan Pemilu.

“Pemilu serentak tahun 2024 sedang berlangsung. Dengan harapan keterlibatan Insan Pers dalam pengawasan sangat dibutuhkan untuk menuju sebuah demokrasi yang lebih berkualitas” pungkasnya. (Asriadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *