Nunukan

Penting, Peran Ketua RT dalam Menjaga Keamanan lingkungannya

Loading

TERASNKRI.COM | NUNUKAN, KALTARA – Pada saat waktu perayaan seperti saat ini masyarakat tengah merayakan Hari Natal dan persiapan menyambut malam tahun baru 2023. Tidak jarang masyarakat melawati perayaan tersebut dengan mudik atau pulang ke kampung halaman. Hal itu ditandai dengan meningkatnya jumlah penumpang kapal Swasta dan Kapal PELNI selama bulan Desember dengan tujuan Provinsi NTT.

Baca Juga  Mahasiswa KKN Universitas Borneo Tarakan Kelompok 58 Gelar Perpisahan dengan Aneka Lomba

Banyaknya masyarakat yang melaksanakan mudik, kerap dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan untuk melakukan Tindak Pidana Pencurian yang mana rumah – rumah kosong yang menjadi sasaran. Hal tersebut kerap terjadi setiap tahunnya, baik pada saat Perayaan Idul Fitri, Idul Adha maupun Perayaan Natal.

Untuk itu, pentingnya peran Ketua RT setempat dan para tetangga yang tidak mudik untuk saling menjaga dan mengawasi lingkungan sekitar. Harapannya agar Ketua RT bisa menghimbau kepada warganya untuk tidak membiarkan rumah milik warga ditinggal kosong. Sebelum melaksanakan mudik / pulang kampung ada baiknya menitipkan rumah kepada tetangga / keluarga yang bisa dipercaya.

Baca Juga  Penanganan Covid-19 : DPRD Kabupaten Nunukan Gelar RDP dengan Pemerintah Daerah

Dan juga Ketua RT agar memberikan himbauan kepada warganya pada saat melaksanakan perayaan malam tahun baru tetap bisa menjaga situasi kamtibmas di masing – masing wilayahnya, dengan tidak mengkonsumsi Miras (Minuman Keras) dan berpergian hingga larut malam.

Baca Juga  Bhabinkamtibmas Polsek Lima Puluh Cooling System dan Berikan Edukasi

Ketua RT akan membangun sinergi dengan pihak Kepolisian dalam hal ini Polres Nunukan, untuk selalu menjaga situasi kamtibmas di Wilayah Kabupaten Nunukan selama perayaan Natal dan tahun baru. Harapannya kedepan tidak hanya pada saat Natal dan tahun baru saja, tetapi seterusnya akan terus menjalin komunikasi dengan Polres Nunukan guna menjaga situasi Kamtibmas di Wilayah Kabupaten Nunukan. (TN/Ant***)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *