MinselNusantara

Bupati Franky Donny Wongkar Terima Audiensi FK UNIKA Soegijapranata Semarang

Loading

Terasnkri.com | Minsel – Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar SH., didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan  Rakyat Drs. Benny V.J Lumingkewas, Kepala Dinas Kesehatan dr. Erwin Schouten, dan Kabag. Kerjasama  Sekretariat Daerah, Plan O. Yonathan S.STP, menggelar pertemuan dengan Fakultas Kedokteran UNIKA Soegijapranata Semarang, yang diwakili oleh dr. Indra Adi Susianto, MSi, Med, Sp.OG, selaku Dekan Fakultas Kedokteran, dr. Fransiska P. Hardimarta MSi, Med, selaku Ka. Program Stsudi, Perigrinus H. Sebong, MPH (Programer FL-KKN Komunitas), dr. Vania Angilina Bachtiar Sp.N (Sekretaris Satgas Persiapan KKN).

Audiensi tersebut digelar di ruang rapat kantor Bupati Minahasa Selatan, Senin (14/03/2022).

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI telah mempromosikan transformasi kesehatan Indonsia (2021-2024). Transformasi yang di maksud mencakup berbagai hal termasuk pusat pelayanan primer dan sekunder, respon kedaruratan, reformasi bidang pendanaan, bidang budaya dan sumber daya manusia, hingga teknologi dan sistem data.

Baca Juga  Digrebek Polsek Firdaus, 2 Pria Gagal Transaksi dan Pesta Sabu

Salah satu pilar dalam sistem transformasi kesehatan adalah transformasi SDM kesehatan dengn meningkatkan kuantitas, distribusi,dan  kualitas tenaga kesehatan. Saat ini masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan akseas ke dokter, dan pelayanan yang layak dari tenaga kesehatan, terutama yang tinggal di pelosok daerah.

Demi mengoptimalkan SDM kesehatan terdistribusi secara adil dan merata maka Fakultas Unika melalui Tridarma Pendidikan akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Komunitas (KKN) di Minahasa Selatan.

Sehubungan dengan hal tersebut Bupati Franky Donny Wongkar menyambut dengan gembira Tim dari Fakultas Unika Soegijapranata Semarang untuk melaksanakan program KKN di Minahasa Selatan.

Baca Juga  Wakapolres Pulau Buru Giat Ibadah Bersama Warga Waenibe

Program KKN komunitas merupakan salah satu komponen dari proses perencenaan karir yang tersedia bagi mahasiswa Fakultas Unika Soegijapranata, program ini dirancang untuk mengintegrasikan kemitraan guna mempersiapkan calon dokter profesional sekaligus memberi pengalaman lebih awal kepada  mahasiswa. Pengalaman terkait dokter di DTPK ini akan meningkatkan tujuan pendidikan sambil berkontribusi pada visi misi program studi.

Program KKN  komunitas memiliki 3 tujuan utama yaitu : Pertama  menyediakan sumber daya untuk membantu pemerintah daerah di bidang pelayanan keaehatan, kesehatan masyarakat, pemanfaatan herbal untuk medis, layanan sosial, Kedua ; Membantu kapasitas dinas kesehatan dan puskesmas, untuk masyarakat, dan ketiga yaitu ; Memberikan mahasiswa Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata pengalaman belajar tahapan yang berharga dengan menghubungkan mereka dengan peluang di komunitas yang menghadapi kesenjangan masyarakat dan masalah sosial, ekonomi  lainnya, yang berdampak pada  kesehatan.

Baca Juga  Rapat Kerja dan Pelantikan Pengurus K3S Minsel, Periode 2023-2025 oleh Kepala Dinas Pendidikan Arthur Tumipa

Perlu diketahui program KKN komunitas adalah program inovatif Fakultas Kedokteran Unika Soegijapranata yang memiliki masalah kesehatan masyarakat atau kesenjangan kesehatan di komunitas, yang kurang terlayani, yang memiliki tantangan sosial, geografis dan ekonomi terutama di DTPK.  (Corry Nj)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN, HINDARI KERUMUNAN, KURANGKAN MOBILITAS DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *