BolmutNusantara

Buka Seminar Laporan Antara RISPAL Tahun 2021 Yang Digelar Dinas PUPR, Ini Harapan Wakil Bupati Bolmut

Loading

TERASNKRI.COM | BOLMUT, SULUT – Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Amin Lasena M.A.P. secara resmi membuka kegiatan Seminar Laporan Antara Rencana Induk Sistem Pengelolaan Air Limbah (RISPAL) Kabupaten Bolmut tahun 2021, Selasa (30/11/2021), bertempat di RM Laviesta Kuala utara Kecamatan Kaidipang.

Dalam sambutannya, Wabup Amin Lasena menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bolmut saat ini sedang gencar melaksanakan program penyehatan lingkungan permukiman yang berkelanjutan dan peningkatan derajat kesehatan masyarakat, tujuannya adalah agar masyarakat dapat menjadi lebih sehat dan produktif. Untuk itu perlu adanya Rencana Induk Sistem Pengelolaan Air Limbah yang menghasilkan ramah lingkungan.

Baca Juga  Bupati Bolmong Utara Tutup Kegiatan MTQ ke-VII Tahun 2021 Desa Bolangitang 1

“Akses penduduk terhadap prasarana dan sarana air limbah pemukiman erat kaitannya dengan aspek kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan sosial budaya serta kemiskinan,” ujar Wabup.

Wabup mengatakan bahwa Kawasan permukiman selayaknya dilengkapi dengan sarana dan prasarana sistem pengelolaan air limbah yang layak, karena dengan tidak memadainya prasarana sistem pengelolaan air limbah permukiman, maka perlu kajian terhadap air limbah yang dihasilkan, karena akan berpengaruh buruk pada kondisi kesehatan dan lingkungan yang memiliki dampak lanjutan terhadap tingkat perekonomian keluarga. jelasnya.

“Kondisi saat ini pengelolaan air limbah terpusat di Bolmut sudah berada di beberapa desa dengan cakupan pelayanan yang masih rendah. Hal ini menunjukkan tanggung jawab besar pemerintah untuk mencapai 100 % akses sanitasi layak pada tahun 2022 seperti yang ditargetkan pada level kebijakan nasional” ungkap Wabup.

Baca Juga  Injury Time, SBA Nyatakan Siap Maju Sebagai Calon Ketua DPC PPP Bolmut

Lebih lanjut dikatakan bahwa masyarakat merupakan komponen utama dengan terselenggaranya program sanitasi.

“Kontribusi masyarakat dilingkungan tempat tinggalnya perlu dioptimalkan, peningkatan peran masyarakat dapat dilakukan setidaknya dalam bentuk pemeliharaan infrastrukur air limbah yang telah terbangun” harap Wabup.

“Hal ini sejalan dengan amanat UU No. 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah, dimana pemerintah lebih berperan sebagai regulator dan fasilitator terkait dengan tugas tugasnya dalam pengaturan, pembinaan dan pengawasan pembangunan sanitasi lingkungan permukiman” pungkasnya.

Baca Juga  Jalin Silaturahmi Sesama Anggota, FKMPI Provinsi Riau Gelar Buka Puasa Bersama

Hadir dalam kegiatan tersebut : Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Rachmat R. Pontoh SH, M.Si., Kepala Dinas PUPR Bolmut Rudini S. Masuara ST., Tim Leader CV. Tehnik Konsultan Gorontalo Ir. Iwan Gunawan MT., serta para Camat. (MADIHUTU)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN, HINDARI KERUMUNAN, KURANGKAN MOBILITAS DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *