Manggarai TimurNusantara

Puskesmas Weleng dan Desa Satar Padut Juarai Lomba Kreasi HUT RI 76 di LAUT

Loading

Terasnkri.com | Matim, NTT- Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kecamatan Lamba Leda Utara (LAUT)  mengadakan beberapa perlombaan, diantaranya,  lomba kebersihan, pagar indah,  gapura,  pasang umbul umbul,  spanduk atau baliho bertuliskan pesan pesan kemerdekaan,  serta bendera mera putih tingkat OPD-UPT dan semua Desa se-Kecamatan LAUT.  Desa Satar Padut dan UPTD Puskesmas Weleng meraih juara 1 pada masing masing kategori perlombaan dimaksud.

Selain penghargaan bagi juara lomba. Pemerintah Kecamatan LAUT juga memberikan Piagam penghargaan bagi pasukan Paskibra pengibar bendera dan para instruktur.

Hadiah kejuaraan bagi pemenang pada perlombaan ini dalam bentuk piagam penghargaan, dan diumumkan usai upacara peringatan detik detik proklamasi kemerdekaan RI ke 76 tingkat Kecamatan LAUT di Lapangan Sepak Bola Dampek, Selasa (17/08/2021)

Camat Lamba Leda Utara, Agus Supratman,  17/08/2021, kepada media usai menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang, mengatakan,  pihaknya menyelenggarakan event perlombaan kebersihan, pagar indah,  gapura,  pasang umbul umbul,  spanduk dan baliho yang bertuliskan pesan pesan kemerdekaan,  serta memasang bendera merah putih selama bulan Agustus bertujuan membangkitkan semangat nasionalis bangsa serta menumbuhkembangkan rasa memiliki bangsa dan negara bagi masyarakat LAUT.

Baca Juga  Polres Sumbawa Barat Polda NTB Fasilitasi Pertemuan Diskusi Kelompok GMKGS

“Event ini kami selenggarakan selain bentuk ucapan terimakasih kepada para pahlawan pendahulu bangsa, juga untuk menumbuh kembangkan jiwa atau rasa memiliki bangsa dan negara, sebab, saat ini banyak yang tidak tau berterimakasih kepada pemdahulu bangsa”, kata Agus.

 

Agus menambahkan, semangat nasionalis anak bangsa saat ini makin lesuh.  Untuknya,  diberi suport dan semangat, agar jiwa nasionalis itu bangkit.

“Itu salah satu pola yang kami buat di Kecamatan LAUT untuk memancing pengetahuan generasi muda akan perjalanan panjang sejarah bangsa dalam meraih kemerdekaan.  Kalau para pahlawan relakan darah dan nyawa untuk kemerdekaan,  kita hanya korbankan keringat dan waktu untuk bersyukur sebagai tanda atau wujud terimakasih kepada pendahulu bangsa lewat berbagai lomba kreasi positif mengisi bulan kemerdekaan”, jelas Agus.

Agus mengurai,  lomba kebersihan,  pagar indah,  gapura,  umbul umbul,  baliho dan spanduk bertuliskan pesan pesan kemerdekaan serta pasang bendera merah putih dilombakan selama bulan Agustus dan masa penilaian dilakukan sejak tanggal 1 Agustus hingga tanggal 15 Agustus 2021.

Metode penilaian sangat sederhana, antara lain,  hasil kreasi warga bersama instansi di upload pada Group WA Kecamatan LAUT, diposting di medsos seperti FB dan sejenisnya serta hasil pantauan keliling pihak Kecamatan.

Baca Juga  Kabau Membuka Kegiatan Musyawarah Guru Mata pelajaran SMPN 1 Buru

“Tiga metode penilaian sederhana ini dipilih demi mengajarkan kita untuk berkreasi,  berinofasi dan bersosialisasi. Kreasi – inovasi dan sosialisasi adalah bagian dari edukasi bagi sesama. Ruang ini Saya buka agar semua potensi yang ada pada diri kita bisa diekspresikan”, urai Agus.

Menurut Agus,  perlombaan dibagi dua kategori,  antara lain,  kategori Desa se-Kecamatan LAUT dan Kategori OPD-UPTD dan UPT sekolah se-Kecamatan LAUT.

Untuk tingkat OPD-UPTD dan UPT Sekolah/lembaga pendidikan, Juara IV diraih UPTD Puskesmas Dampek, juara III diraihh SDI Wae Waru, juara II  diraih UPT SMPN 2 Lamba Leda Utara di Weleng dan juara I  direngguh UPTD Puskesmas Weleng.

Sedangkan kategori desa, juara IV diraih Desa Satar Punda, Juara III diperoleh Desa Golo Munga Barat, juara II diambil oleh Desa Golo Mangung dan Juara I diukir oleh desa di Ibu Kota Kecamatan LAUT yaitu Desa Satar Padut.

Selain memberi piagam penghargaan bagi yang menjuarai perlombaan, pihak Kecamatan LAUT juga memberi penghargaan bagi pasukan Paskibra pengibar duplikat bendera pusaka merah putih dan instruktur Paskibra.

“Kami juga memberi penghargaan bagi anggota Paskibra dan Para Instruktur. Kami lakukan ini karena hanya dengan cara itu kami berterimakasih kepada mereka atas dedikasinya dalam sejarah pertama Kecamatan LAUT merayakan HUT kemerdekaan RI perdana usai dimekarkan dari Kecamatan Induk”, ucap Agus.

Baca Juga  Bhabinkamtibmas Desa Pungka Ikut Gali Kubur Warga Meninggal Yang Terkonfirmasi Covid-19

Pelaksanaan Upacara detik detik proklamasi peringatan HUT RI ke 76 tingkat Kecamatan LAUT berjalan aman, lancar dan penuh hidkmat. Walau dikawal protokol kesehatan yang ketat, seluruh peserta upacara yang jumlahnya sangat terbatasi itu, tetap menunjukan warnah semangat yang luar biasa.

Camat Lamba Leda Utara, Agus Supratman bertindak sebagai Inspektur Upacara, ADPRD matim Dapil Lamba Leda dan Lamba Utara, Ambros Don bertindak sebagai proklamator, Robert Batak sebagai Perwira Upacara, Lorens Pitang sebagai Komandan Upacara, dan Resty Hasman juru pandu acara.

Turut hadir pada Upacara itu, Anggota DPRD Sifridus Hasman, Kapolsek, Galus Keko, Babinsa, Bahrudin, Ketua TP-PKK Kecamatan LAUT, Ny. Bernadeta Endang Supratman, Pimpinan OPD-UPTD tingkat Kecamatan dan beberapa tokoh masyarakat serta undangan lainnya. (Hubertus Basri/Agus)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIFITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN, HINDARI KERUMUNAN, KURANGKAN MOBILITAS DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *