Kalimantan UtaraKedaulatan NegaraPemprov Kaltara

Penegasan Batas Laut Indonesia, Gubernur Pimpin Upacara HUT RI ke-76 di Karang Unarang

Loading

TERASNKRI.COM | NUNUKAN, KALTARA – Ada yang spesial menyambut peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021 di Provinsi Kalimantan Utara, khususnya pelaksanaan yang dilakukan di perairan Karang Unarang, Kabupaten Nunukan.

Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 76 kali ini mengangkat tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

TNI AL melalui Lantamal XIII serta Lanal Nunukan menggelar upacara perayaan di tapal batas negeri, tepatnya di Perairan Ambalat (ambang batas laut) Indonesia-Malaysia 9 mil disebelah tenggara Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Selasa (17/8/2021).

Baca Juga  Gandeng TP-PKK, Pemprov Bantu Korban Kebakaran Sebatik

Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal A. Paliwang bertindak sebagai Inspektur Upacara diatas kapal KRI I Gusti Ngurah Rai-332 Satkor Koarmada II.

“Kalimantan Utara ini merupakan etalase Indonesia paling utara, punya batas laut dan darat, ini merupakan potensi yang harus dijaga serta di pelihara sebaik – baiknya” jelas Gubernur Zainal.

“Kita laksanakan upacara hari ini di salah satu patok dasar ambalat Indonesia yaitu di Karang Unarang, sebagai tanda penegasan kedaulatan kita di perairan amabalat ini ” tambahnya.

Baca Juga  Gubernur: Mutasi dan Kenaikan Pangkat ASN Cukup Diajukan Secara Online

Gubernur pun menyampaikan rasa bangganya karena dapat merayakan hari kemerdekaan RI di Karang Unarang dengan lancar dan khidmat.

“Alhamdulillah semua unsur maritim yang ada di Kaltara. Kami sampaikan rasa terima kasih serta apresiasi kepada panglima TNI, Kasal, Guspurla,” imbuhnya.

Perayaan HUT RI ini pun melibatkan puluhan nelayan dari Kampung Mamolo Nunukan untuk berpartisipasi sebab turut menjaga perbatasan laut.

Baca Juga  Gubernur Hadiri Acara Selesai Panen Masyarakat Desa Long Sam

Selain KRI I Gusti Ngurah Rai-332 yang dijadikan sebagai sentral pelaksanaan upacara, juga KRI Singa-651 Satkat Koarmada II.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, unsur Forkopimda Kaltara, para Pejabat Utama Lantamal XIII, FKPD Kab. Nunukan dan instansi terkait lainnya. (TN/Adv)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIFITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN, HINDARI KERUMUNAN, KURANGKAN MOBILITAS DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *