BolmutNusantara

Bupati Depri Pontoh Hadiri Sidang Paripurna DPRD Dalam Rangka HUT Ke-14 Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2021

Loading

TERASNKRI.COM | BOLMUT, SULUT – Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh menghadiri Sidang Paripurna DPRD dalam rangka HUT Ke-14 Kabupaten Bolmut Tahun 2021, bertempat di ruang sidang DPRD Bolmut, Minggu (23/5/2021).

Bupati Bolmut melalui sambutannya mengatakan bahwa forum ini merupakan forum yang baik bagi kita yang hadir dalam kesempatan hari ini.

Disamping dilaksanakan satu kali dalam setahun, forum ini pula merupakan wadah refleksi sejarah para pahlawan pemekaran yang telah menorehkan memori yang tidak mudah, menjawab tuntutan rakyat untuk melakukan perubahan-perubahan yang fundamental lewat pemekaran.

Pembangunan, serta wewenang yang lebih luas untuk mengatur daerahnya sendiri, telah tercapai secara positif, dengan benar benar menjawab tuntutan pemekaran melalui pembangunan di berbagai sektor, mulai dari kebutuhan penataan sarana pemerintahan, sampai pada kebutuhan yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, ungkap Bupati.

Selaku Kepala Daerah, Saya selalu menekankan perspektif pembangunan yang berkelanjutan agar percepatan pembangunan diberbagai sektor dapat sedini mungkin terwujud. Di tahun 2021 ini, pemerintah daerah terus memantapkan diri dalam memacu percepatan pembangunan. Desain konteks pembangunan dalam RKPD adalah pengembangan sumber daya manusia dan perluasan ekonomi untuk meningkatkan pendataan masyarakat dengan skala prioritas diantaranya :

Baca Juga  Forkopimda Bone Ikuti Vidcon Rakorkus Kemenko Polhukam RI

​Meningaktkan kecukupan sarana prasarana serta SDM bidang pendidikan dan kesehatan, Pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid 19, Pemenuhan infrastuktur dasar dan ekonomi, ​Peningkatan produksi pertanian dan perikanan untuk ketahanan pangan, Meningkatkan daya tarik wisata, Mendorong inventasi, ​Menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat pasca pelaksananan Pilgub 2020, dan Menurunkan angka kemiskinan dengan menurunkan beban pengeluaran keluarga miskin.

Dari daerah yang tadinya kurang dikenal, kini Bolmut berangsur membuka mata Nasional lewat Performa Juara.
Dari kabupaten ideal, kami mampu memperoleh sejumlah prestasi nasional dan regional di bidang kesehatan. Pemerintah sukses meraih 3 (tiga) kategori kabupaten sehat yang dimulai dari kategori “SWASTI SABA PADAPA” kemudian ditingkatkan pada kategori “SWASTI SABA WIWERDA” dan sukses meraih penghargaan tinggi melalui kategori “SWASTI SEBA WISTARA.” jelas Bupati.

Selain itu, Bupati menambahkan, bahwa dalam rangka penanganan stunting di daerah, kita berhasil meraih 4 (empat) gelar sekaligus pada ajang penilaian Konvergensi Stunting oleh pemerintah provinsi sulawesi utara, diantaranya :
Terbaik 1 Kabupaten dengan aksi 5 s/d 8 Konvergensi Penanganan Stunting Se-Sulawesi Utara tahun 2019, Terbaik 1 Kabupaten Dengan Aksi 1 s/d 4 Konvergensi Penanganan Stunting Se-Sulawesi Utara tahun 2020, Terbaik 1 Kabupaten Ter-Inovatif, Inspiratif dan Replikatif dalam Penanganan Stunting Se-Sulawesi Utara Tahun 2020, dan Terbaik 1 Kabupaten dengan Pameran/Stand Se- Sulawesi Utara tahun 2020.

Baca Juga  Bupati Franky Donny Wongkar, SH., Bertindak Sebagai Irup Dalam Rangka Perayaan Hari Pendidikan Nasional

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa pada Bidang Pemerintahan dan Pelayanan Publik, Alhamdulillah Bolmut sudah 5 (lima) kali berturut turut meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah, kemudian berhasil meraih nilai “B” untuk sistem akuntabilitas kinerja pemerintah, kemudian penilaian mandiri pelayanan Reformasi Birokrasi tahun 2020 untuk pertama kalinya mendapat nilai “C”, serta meraih predikat tinggi untuk penilaian LPPD tahun 2020.

Ditingkat Provinsi berhasil meraih juara 1 lomba inovasi gerakan cegah putus pakai kontrasepsi masa pandemi covid 19 sekaligus meraih terbaik 2 (dua) ditingkat nasional, terbaik 1 lomba pelayanan KB serentak sejuta akspektor dalam rangka hari keluarga nasional kategori capaian KB Pasca persalinan, terbaik III pengelolaan dana desa, peringkat III perencanaan pembangunan daerah (PPD), dan peringkat III penilaian anugerah Sensanitasional Award.

Dibidang infrastruktur, begitu banyak program pembangunan yang telah dilaksanakan. Sampai hari ini pemerintah daerah telah melakukan perubahan besar terhadap pembangunan infrastruktur diantaranya, pembangunan/peningkatan jalan dan jembatan, pembangunan sarana dan prasarana fasilitas perhubungan baik terminal maupun pelabuhan, pembangunan saluran drainase, pembangunan jaringan irigasi, pembangunan sarana air bersih, pembangunan fasilitas jalan umum, pembangunan jalan perkebunan, peningkatan bangunan rumah sakit umum daerah, pembangunan ruang isolasi pasien covid 19, pembangunan gedung kantor OPD, pembangunan rumah paramedis, hingga fasilitas sanitasi, dan masih banyak lagi program perencanaan pembangunan pada barbagi sektor unggulan, yang semakin memastikan daerah ini sebagai daerah ideal. ucap Bupati.

Baca Juga  Kunker dan Monitoring Ke KPUD Sergai, Komisi A DPRD Sumut Apresiasi Kapolres Sergai

Mengakhiri sambutannya, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada seluruh komponen di daerah ini, segenap pimpinan dan anggota DPRD yang terhormat, jajaran kabinet pemerintah saya dan wakil bupati, forum koordinasi pimpinan daerah, para pemuka agama dan tokoh masyarakat, presidium pemekaran, para insan pers, pedagang, petani hingga nelayan serta semua pihak dan seluruh Rakyat Bolaang Mongondow Utara atas dukungan dan partisipasi yang diberikan dalam mewujudkan agenda agenda pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. (RM)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *