Pemda Bolmut Gelar Workshop Penyusunan Renja SKPD tahun 2022 dan Perubahan Renstra 2018-2023

image_pdfimage_print

Dilihat 672 

TERASNKRI.COM | BOLMUT, SULUT – Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (BAPPELITBANG), menggelar Workshop Penyusunan Renja SKPD Tahun 2022 dan Perubahan Renstra 2018-2023 sekaligus penginputan kedalam Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD), yang bertempat di Ball Room Aston Gorontalo Hotel, jumat, (2/4/2021).

Workshop dibuka secara resmi oleh Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh, yang di wakili oleh Wakil Bupati Drs. Hi. Amin Lasena M.AP dan dihadiri Sekretaris Daerah Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.SI, Pemateri Hanz Budi Setiawan Dandel M,AP, Rico Arya Radestya SE, M.SI, Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Bupati Bolmut dalam sambutan yang di bacakan langsung oleh Wakil Bupati Drs. Hi. Amin Lasena, M.AP, menyampaikan sebagai mana amanat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, bahwa Pemerintah Daerah diwajibkan menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk jangka panjang 20 tahun, jangka Menengah 5 tahun, dan Jangka Pendek 1 tahun.

Baca Juga  Bupati Bolmut Terima Kunjungan Kerja Ketua Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo

Pada tingkatan perangkat daerah berkewajiban menyusun dokumen perencanaan jangka menengah tahunan berupa Renstra Perangkat Daerah dan Dokumen perencanaan tahunan berupa Renja Perangkat Daerah.
Dengan demikian penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Daerah sejatinya merupakan satu rangkaian proses yang terpadu dan berkesinambungan dari dokumen yang bersifat sangat makro RPJPD hingga dokumen yang bersifat paling mikro Renja Perangkat Daerah.

Melalui pelaksanaan Workshop ini Pemerintah Daerah berupaya untuk memberikan pemahaman dan tambahan informasi terhadap penyusunan Renja Perangkat Daerah yang selanjutnya dilakukan penginputan pada aplikasi SIPD, yang bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang transparan, partisipatif, akuntabel, tertib, dan disiplin anggaran.

Baca Juga  Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar SH., Hadiri Kegiatan Sosialisasi Penerapan Manajemen Kinerja, dan Disiplin Pegawai Negeri Sipil

Bupati Bolmut juga sangat mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya dilaksanakannya Workshop ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah untuk terus meningkatkan capaian kinerja pembangunan sehingga apa yang menjadi tujuan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dapat kita wujudkan bersama.

Lebih lanjut, Bupati berharap kepada peserta workshop penyusunan Renja Perangkat Daerah agar benar-benar memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, untuk sharing pengetahuan sehingga terciptanya pemahaman yang sama, baik menyangkut tahap yang harus dilakukan maupun proses penginputan melalui SIPD, sehingga output dari kegiatan ini dapat dicapai sesuai jadwal yang seharusnya.

Pada kesempatan itu, Wabup Amin Lasena juga mengingatkan dan menegaskan agar seluruh peserta workshop untuk disiplin mengikuti kegiatan dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

(RM)

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: