BolmutNusantaraSulawesi

Buka Pelatihan PPRG, Wabup Amin Lasena Berharap Hasilnya Dapat Bermuara Pada Kepentingan Kesejahteraan Masyarakat Bolmut

Loading

TERASNKRI.COM | SULUT, BOLMUT – Rabu (24/2/2021), Wakil Bupati Bolmong Utara Drs. Hi. Amin Lasena, MAP membuka kegiatan Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) Pada Perangkat Daerah di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, bertempat di Gedung Boroko Convention Center.

Perlu diketahui bahwa satu diantara tujuh belas tujuan Sustainable Development Goal’s (SDG’S) yang ditetapkan oleh perserikatan bangsa bangsa (PBB), adalah menetapkan perempuan sebagai subjek sekaligus objek pembangunan, yaitu melalui kesetaraan gender.

Pemerintah telah menggambarkan secara jelas dalam dokumen rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) mengenai permasalahan mendasar berkaitan dengan pembangunan pemberdayaan perempuaan.

Baca Juga  Korban Hanyut Belum Ditemukan, Team Penyelamat dan Pemerintah Desa Bahas Metode Pencarian Selanjutnya

Dalam program pembangunan, Gender Pengintegrasian bertujuan antara lain, untuk mewujudkan kesetaraan gender di berbagai bidang pembangunan di daerah dan mewujudkan sistem politik yang demokratis, pemerintah yang desentralistik, pembangunan daerah yang berkelanjutan serta pemberdayaan masyarakat yang partisipatif.

Disampaikan bahwa pemerintah daerah mengeluarkan peraturan bersama mengenai strategi nasional percepatan pengarusutamaan gender (PUG) melalui perencanaan dan penganggaran yang responsif gender (PPRG).
Strategis nasional ini ditindaklanjuti dengan peraturan bersama BAPPENAS, Kemendagri, Kemenkeu dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tentang petunjuk pelaksanaan PUG melalui PPRG di daerah.

Melalui forum ini Wabup berharap keseriusan dari seluruh peserta agar dapat berperan aktif, terutama pada upaya pencapaian keberhasilan dalam percepatan pengarusutamaan gender melalui perencanaan penganggaran yang responsif gender di daerah sehingga nantinya akan bermuara pada kepentingan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bolmut.

Baca Juga  Bupati Franky Donny Wongkar, SH., Bersama Jajaran Pemkab Minsel Lakukan Olahraga Bersama

Kegiatan ini merupakan awal, yang selanjutnya diharapkan akan dapat menyusun dokumen perencanaan penganggaran yang responsif gender, sehingga dapat menghasilkan dokumen pendukung perencanaan penganggaran yang responsif gender, kata Wabup.

Selanjutnya bagaimana membahas dan langkah apa yang akan dilakukan dalam rangka memantapkan eksistensi pemberdayaan perempuan, kegiatan ini juga diharapkan dapat membahas hal hal teknis mensolusikan permasalahan permasalahan yang ada dan yang terpenting dalam rangka semakin memicu dan memacu bergeraknya berbagai pilar strategis daerah, guna mewujudkan masyarakat yang semakin sejahtera.

Baca Juga  Hasil Tabulasi Paslon SMS-GES Sama Dengan Versi KPUD, SMS-GES Unggul 43,45 Persen

Pemerintah daerah menyambut baik atas terlaksananya pelatihan ini, dengan harapan selama kegiatan ini berlangsung dapat memberikan masukan serta kontribusi yang positif untuk meningkatkan koordinasi dan perencanaan penganggaran yang lebih refonsif gender di kabupaten bolmut.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulut atau yang mewakili, Kepala Dinas PPKBPPPA Bolmut, Pimpinan SKPD terkait, Serta Para Peserta Pelatihan.

RM

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19   

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *