BolmutNusantaraSulawesi

Tampung Aspirasi Masyarakat, Desa Bolangitan I Gelar MUSREMBANGDes

Loading

TERASNKRI.COM | BOLMONG UTARA – Rabu (3/2/2021) Pemerintahan Desa Bolangitang I Kecamatan Bolangitang Barat Kab. Bolaang Mongondow Utara menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MusrembangDes).

Bertempat di Aula Kantor Desa Bolangitang I, Musyawarah dihadiri oleh Camat Bolangitang Barat yang diwakili oleh Kasie PMD Bapak Mahlar Poaloi, SE, Sangadi Bolangitang I Irmawati Usup, S.Pd bersama Jajarannya, Ketua dan Anggota BPD, Ketua dan Anggota LPM, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Kepala Puskesmas yang diwakili oleh sdr. Akbar SKM, Tenaga Pendidik (pihak sekolah yang ada di Bolangitang I), Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, perwakilan Pemuda, Ketua BUMDES serta Perwakilan Dasa Wisma.

Musyawarah dipimpin oleh Ketua BPD Bapak Abdullah Pontoh.
Sebagai pengantar, Pimpinan Musyawarah mengajak kepada peserta untuk bisa mengikuti musyawarah dengan sebaik-baiknya serta berharap dapat terlaksana sesuai dengan prinsip keterbukaan dan kebersamaan, akuntabel, efisiensi serta berkelanjutan. Pimpinan musyawarah juga menyampaikan, bahwa Musyawarah Desa yang dilaksanakan pada hari ini dalam rangka Rencana Pembangunan Desa untuk Tahun 2022.

Baca Juga  Pergantian Kepala Sekolah SMPN 2 Sinonsayang, Albert Umpele S.Pd M.M : Itu Merupakan Penyegaran Atau Regenerasi Kepemimpinan

Camat Bolangitang Barat yang diwakili Kasie PMD Mahlar Poaloi, SE dalam sambutannya mengajak semua unsur yang terkait untuk saling bersinergi dalam membangun desa, dan usulan pihak pihak terkait nanti agar mendahulukan usulan yang paling prioritas, tentunya dengan  mengacu pada program RPJMDes yang telah disusun.

Pada kesempatan yang sama, Sangadi Bolangitang I Irmawati Usup, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa MusrembangDes adalah agenda tahunan yang merupakan salah satu wadah untuk menampung seluruh aspirasi masyarakat terkait usulan program Pembangunan Desa. dan pada tahun 2021 ini, Sangadi memohon maaf jika usulan-usulan pembangunan di tahun kemarin belum sepenuhnya terrealisasi sebab di tahun 2021 ini sesuai dengan Permendes PDTT Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021 lebih diprioritaskan diantaranya untuk Penanganan Covid-19, BLT DD, Penguatan Ketahanan pangan dan Penanganan Stunting, Padat Karya Tunai Desa, dan Wisata Desa.

 

Baca Juga  Polda NTB Berikan Pengamanan Debat Paslon Walikota dan Wakil Walikota Mataram

Saya berharap agar masyarakat dapat bersabar dan memahami keterbatasan anggaran yang dikarenakan kondisi Pandemi yang sedang dialami negara kita. adapun usulan-usulan yang belum terrealisasi tersebut diantaranya, Pengadaan Kapal Tangkap ikan, Bantuan Modal Usaha untuk UKM, dll itu akan tetap dimasukan bersamaan dengan usulan-usulan pada MusrembangDes hari ini untuk rencana Pembangunan di Tahun 2022. ujar Irmawati.
mengakhiri sambutannya, Mama Irfa sapaan akrab Sangadi Bolangitang I ini, meminta maaf karena tidak semua pihak terkait bisa terundang pada hari ini sebab sesuai edaran pemerintah daerah untuk membatasi acara-acara yang berpotensi menimbulkan terjadinya kerumunan. maka untuk itu, kepada perwakilan masyarakat yang hadir, agar bisa meneruskan hasil Musyawarah pada hari ini kepada semua pihak terkait. tutup mama Irfa.

Baca Juga  Prihatin Banjir Pekanbaru, Syahrul Aidi Siap Perjuangkan Anggaran di APBN

Selanjutnya Ketua BPD Abdullah Pontoh selaku Pimpinan Musyawarah juga menyampaikan permohonan maaf apabila ada khilaf maupun ada hal hal yang kurang berkenaan selama acara berlangsung.
marilah kita senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, agar harapan demi harapan dari seluruh masyarakat InsyaAllah akan dapat terrealisasi, sebab perjuangan tanpa dibarengi dengan Doa, maka perjuangan itu akan sis-sia, tutur Abdullah, Sembari mengetuk Palu menutup Musyawarah.

Rifai Madihutu

JANGAN LUPA : SELALU MEMAKAI MASKER APABILA BERAKTIVITAS DILUAR RUMAH, SELALU MENJAGA JARAK, KERAP MENCUCI TANGAN DAN BERDOA KEPADA TUHAN UNTUK CEGAH COVID-19

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *