Evakuasi Pasien Reaktif Positif Oleh Tiem Gugus Covid-19 Kabupaten Buru

Dilihat 374 

Ilustrasi Rafid test

www.teras-nkri.com | Maluku Namlea – Meskipun dalam kondisi alam begitu terik panas Tim Medis Covid-19 Kabupaten Buru terus melaksanakan kegiatan Rapid test kepada masyarakat, sebagaimana time schedule yang telah ditetapkan Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru.

Menyinggung terkait dengan adanya sportivitas dan sinergitas Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Buru, Juru Bicara Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru Yulianis Rahim ketika dihubungi media ini di Namlea, Sabtu 16/05/2020,

Nani mengatakan saat  ini kami masih aktif  melakukan rapid test massal yang di fokuskan di Kecamatan Namlea  sebagai Wilayah  dengan penduduk dan aktivitas  sosial yang tinggi. Dan Selama 3 hari pelaksanaan rapid test massal terjaring sebanyak 223 sampel diperiksa dengan hasil 14 orang reaktif.  Dan untuk mereka di Swab juga kami masih berkoordinasi dengan Satgas Provinsi Maluku untuk mengirimkan logistik untuk pengambilan Swab.

Data Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru

Lanjut Nani, kegiatan Rapid Tes Massal yang dipusatkan di kecamatan Namlea ini telah direncanakan selama 1 minggu, dan kini pelaksanaannya sudah mulai berjalan sejak tanggal 13/05/2020 yang lalu.

Baca Juga  Jadi Kepala Kantor Pertanahan Kota Tegal Jawa Tengah, Nurdin Karepesina : Merupakan Sejarah Pertama

Ditambahkan Nani, mereka yang menunjukan hasil reaktif (positif) kadang sulit menerima edukasi dari petugas untuk melakukan karantina bahkan ada yang menentang petugas karena mereka merasa sehat dan merasa tidak pernah  terpapar dengan virus corona, urai Nani

Menyinggung kendala saat Rapid tes kata Nani, “Tidak  ada kendala yang berarti, hanya kondisi teman teman dilapangan yang agak kewalahan mengingat kondisi cuaca yg panas terik dan mereka harus menggunakan APD dgn baju berlapis” tutur Nani

Selanjutnya Data Covid-19 Kabupaten Buru yang dihimpun media ini dari sumber Gugus Tugas percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Buru sampai hari Jumat 15/05/2020 dengan rincian  sebagai berikut ; ODP 94  orang, PDP 3 orang, Positif 2 orang, Sembuh 1 orang dan Rapid Tes Reaktif 25 orang.

Baca Juga  Sedih Dan Haru Melepas Pahlawan Yang Mengemban Tugas Di Tapal Batas

Rencana progres kerja Hari ini Sabtu 16/05/2020 menurut  Nani, akan dilakukan evakuasi bagi mereka yang reaktif rapid test untuk menjalani karantina di tempat yang telah disediakan oleh Pemda .

Harapan kami satgas dan tim kesehatan agar masyarakat saling menjaga. Gunakan  masker, menerapkan phisical distancing, berdiam di rumah kalau tidak ada hal penting.

“Kami berharap agar masyarakat tidak mengucilkan mereka yang terindikasi positif rapid test, jaga perasaan mereka dan keluarganya, hilangkan stigma negatif seakan Covid ini aib. Berikan dukungan moril kepada mereka, bila mampu bantu mereka untuk  menyediakan makanan agar merekat tidak harus keluar rumah mencari dan berbelanja bahan makanan,” pungkas Nani.

TN/Ngrace/Adam’s

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: