BuruNusantara

Bawaslu Hentikan Aduan Ketua KNPI Buru Terhadap Cabup MANDAT

Loading

TERASNKRI.COM | BURU, MALUKU – Bawaslu Kabupaten Buru menghentikan laporan ketua KNPI Buru, Almuhajir Miru terkait dugaan ijasah palsu dan mal administrasi calon bupati Buru Paslon MANDAT, Muhammad Daniel Rigan (MDR) pada saat yang bersangkutan bersama pasangannya dr Harjo Udanto Abukasim mendaftar di kantor KPU beberapa waktu lalu.

Informasi yang dihimpun media ini menyebutkan, kalau pada tanggal 10 September lalu, Ketua DPD KNPI Buru, Almuhajir Miru didampingi kuasa hukumnya Hamid Fakaubun mengadukan Muhamad Daniel Rigan ke Gakumdu Bawaslu Kabupaten Buru terkait dugaan ijasah palsu dan mal administrasi berkas pencalonan sebagai calon Bupati Buru.

Baca Juga  Sekda Buru Ilias Hamid Membuka Kegiatan Sosialisasi Penyusunan Juknis dan Pelaksanaan Ujian Sekolah Tingkat SMP/MTS

Laporan ketua KNPI Buru, itu disertakan 10 alat bukti, diantaranya surat keterangan kehilangan dari Polres Buru, surat keterangan lulus tingkat Sekolah Dasar (SD), surat keterangan pengganti ijazah SMP yang dikeluarkan Dinas Pendidikan Kabupaten Buru, serta beberapa alat bukti lain.

Atas laporan itu, Bawaslu Buru melakukan pengkajian dan hasilnya telah disampaikan ke pihak pelapor dan ditempel pada papan pengumuman kantor Bawaslu pada hari Jumat (13/9/2024).

Baca Juga  Gugat Polda NTB, Dua Tersangka Asal Sumbawa Layangkan Pra-Peradilan

“Hasil kajian laporan telah diberikan kepada pelapor dituangkan dalam formolir Model A.17 dengan status laporan Tidak Dapat Diregister,” jelas Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Epsus Kliong Tomhisa kepada awak media Jumat (13/9/2023).

Menurut Tomhisa, Bawaslu dan Gakumdu telah melakukan pengkajian awal sesuai prosedur penangan pelanggaran syarat formil dan meteril atas laporan yang disampaikan oleh ketua DPD KNPI Buru dengan bukti-bukti yang diberikan pelapor.

Kemudian diputuskan untuk menghentikan laporan yang disampaikan oleh pelapor karena tidak memenuhi syarat sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Baca Juga  Coffee Morning Dandim 1506/Namlea bersama Wartawan Media Cetak dan Online

Dalam laporan kajian yang juga ditempel di papan pengumuman secara transparan di Kantor Bawaslu supaya diketahui publik itu tertulis, Berdasarkan laporan dari pelapor a/n Almuhajir Spil Miru, tertanggal 10 September, telah dilakukan kajian dan kemudian diputuskan dalam rapat pleno pimpinan Bawaslu Kabupaten Buru tanggal 12 September 2024 adalah:

  1. Laporan tidak memenuhi syarat formal.

  2. Penyampaian laporan telah melebihi batas waktu yang samaditentukan sebagaimana tertuang dalam pasal 4 ayat 2 Perbawaslu No. 8 tahun 2020.(Grace)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *