Kalimantan UtaraPemprov KaltaraPilkada Serentak 2024

Pantau Kesiapan Pilkada, Pjs Gubernur Gelar Mulai Roadshow ke Kabupaten/Kota

Loading

RAKOR : Pj. Gubernur Kaltara, Togap Simangungsong menggelar kunjungan kerja ke Kabupaten Malinau, Rabu (16/10/2024) Foto : DKISP Kaltara

TERASNKRI.COM | MALINAU, KALTARA – Pjs. Gubernur Kaltara, Togap Simangunsong menggelar kunjungan kerja ke Kabupaten Malinau untuk menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Rapat yang diadakan di Ruang Laga Fratu, Kantor Bupati Malinau ini menjadi langkah strategis untuk memastikan kesiapan menyeluruh dari seluruh pihak terkait Pilkada.

Togap Simangunsong mengungkapkan pentingnya integritas dan netralitas seluruh aparatur sipil negara (ASN) dalam menyukseskan Pilkada Serentak. “Integritas dan netralitas ASN menjadi kunci utama dalam memastikan bahwa Pilkada Serentak 2024 dapat berlangsung dengan adil dan demokratis. ASN harus menjaga profesionalisme dan tidak memihak dalam segala proses pemilihan ini, demi menjaga kepercayaan masyarakat,” kata Togap pada Rabu (16/10/2024).

Karena itu ia mengingatkan kepada ASN harus focus pada tanggung jawab dalam melayani masyarakat. Dimana setiap ASN diharapkan tetap mematuhi aturan yang ada, serta menunjukkan sikap netral agar proses demokrasi berjalan dengan baik dan menghasilkan pemimpin yang benar-benar dipilih oleh rakyat.

Baca Juga  Penutupan Latsar, Gubernur Harapkan Inovasi dan Kreativitas ASN Kaltara

Selain integritas dan netralitas ASN, Togap menjelaskan pentingnya kerjasama antara pemerintah daerah, penyelenggara pemilu, dan aparat keamanan untuk menjamin kelancaran Pilkada. Dalam rapat koordinasi tersebut, isu-isu krusial terkait strategi peningkatan partisipasi pemilih, penanganan potensi konflik, serta pengamanan saat hari pemungutan suara menjadi topik utama.

“Sinergi antara semua pihak sangat dibutuhkan. Kami harus bekerja bahu membahu demi kesuksesan Pilkada ini. Dari penyelenggara pemilu, aparat keamanan, hingga tokoh masyarakat, semua memiliki peran penting dalam menciptakan suasana yang kondusif,” kata Togap.

Baca Juga  DKP Petakan Potensi Hilirasi Produk Perikanan

Pemerintah Kabupaten Malinau, bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat, telah memetakan sejumlah wilayah yang memerlukan perhatian lebih dalam menjaga keamanan dan kelancaran proses pemilu.

Selain itu, Togap menegaskan bahwa pihaknya akan terus memberikan dukungan kepada pemerintah daerah untuk memastikan Pilkada berjalan aman dan damai. Dengan rapat koordinasi ini, langkah-langkah persiapan teknis dan operasional Pilkada Serentak 2024 di Malinau menjadi semakin jelas, memastikan setiap pihak siap menghadapi tantangan demi menjaga proses demokrasi yang sehat dan adil.

Pjs. Bupati Malinau, Pollymart Sijabat menegaskan komitmen ASN di Malinau untuk bersikap netral dan profesional dalam menghadapi Pilkada Serentak. “Kami memastikan bahwa seluruh ASN di Kabupaten Malinau akan mematuhi aturan tentang netralitas dan berkontribusi sesuai tugas dan fungsinya. Ini penting untuk menjaga kualitas demokrasi kita,” terangnya.

Baca Juga  Syarat Daftar Ulang Perkuliahan, Pemprov Kaltara Bantu Vaksinasi Mahasiswa

Pollymart juga menambahkan bahwa pemerintah daerah siap mendukung setiap upaya untuk menjaga kejujuran dan transparansi dalam Pilkada 2024. Adapun langkahnya mulai dari sosialisasi kepada masyarakat serta pengawasan terhadap seluruh tahapan Pilkada akan terus ditingkatkan, dengan dukungan dari Forkopimda serta penyelenggara pemilu.

Rapat tersebut dihadiri oleh jajaran penting pemerintahan Kabupaten Malinau, termasuk Pjs. Bupati Malinau Pollymart Sijabat, S.K.M., M.A.P, Sekretaris Daerah Kabupaten Malinau, Dr. Ernes Silvanus, S.Pi, MM, M.H, serta anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kaltara dan Kabupaten Malinau. Selain itu, turut hadir perwakilan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda. (TN-Adv/DKISP Kaltara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *