Kalimantan UtaraPemprov Kaltara

Meriahkan HUT TNI, Kejuaraan Catur Internasional Digelar di Kaltara

Loading

TERASNKRI.COM | TARAKAN, KALTARA – Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Utara (Kaltara), Yosua Batara Payangan menghadiri pembukaan Piala Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Turnamen Catur Intenasional Grandmaster dan Fide Rated di Ballroom Hotel Tarakan Plaza, Lt 2, Ahad (29/9).

Turnamen yang digelar pada 29 September hingga 03 Oktober mendatang ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi ke-79 TNI dengan mengusung tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”.

Peringatan kali ini terasa spesial. Pasalnya, olahraga catur yang ditandingkan berskala internasional ini pertama kali digelar oleh TNI dan Kaltara dipilih oleh Panglima TNI sebagai tuan rumah penyelenggara.

Baca Juga  Resmikan Gedung UT Tarakan, Gubernur Apresiasi Kontribusi Perguruan Tinggi di Kaltara

Yosua bangga Kaltara mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah event internasional ini.

“Kita berharap akan ada even internasional lagi yang akan diselenggarakan di Kaltara ke depan. Karena dengan adanya even ini akan memberikan motivasi kepada atlet-atlet Kaltara untuk menjadi atlet yang berprestasi hingga tingkat internasional,” katanya saat diwawancarai.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI hingga jajaran institusi TNI melalui Komandan Korem Maharajalila yang telah melaksanakan even internasional di Kalimantan Utara.

Baca Juga  Gubernur Harapkan Perusahaan Menerapkan Budaya K3

“Semoga kegiatan ini akan berlanjut terus kedepannya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, tercatat 102 peserta yang mengikuti turnamen catur ini diantaranya diikuti oleh 10 grandmaster (GM) dan 6 woman grandmaster(WGM) yang berasal dari Indonesia, Vietnam, Philipina, dan Malaysia.

Danrem 092/Maharajalila Brigjen TNI Adek Chandra Kurniawan mengatakan dalam sambutannya tujuan kegiatan ini untuk mempererat tali silaturahmi dan prestasi para prajurit TNI/Polri dan masyarakat sekaligus mencetak bibit atlet dalam cabang olahraga catur ini.

Ia juga menyampaikan harapan dan tujuan dari Panglima TNI untuk dapat mengembangkan cabang-cabang olahraga ditandingkan diantaranya sebagai parameter keberhasilan pembinaan para atlet nasional bahkan internasional.

Baca Juga  Kemendagri Asistensi Percepatan APBD Kaltara

Kedua, mencari dan menemukan bibit atlet yang memiliki potensi dalam membantu pemerintah dibidang olahraga. Ketiga, membantu kualitas atlet dan prestasi olahraga. Keempat, membangun dan memelihara komunikasi antara pengurus pusat hingga daerah.

“Kepada para atlet dan seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya open turnamen ini apresiasi setinggi-tingginya atas partisipasi dalam open turnamen ini,” katanya.

Hadir dalam acara seremonial pembukaan turnamen Ketua Percasi Kaltara, Norhayati Andris, unsur Forkopimda provinsi dan kabupaten/kota se-Kaltara, pengurus KONI Kaltara dan kabupaten/kota, instansi vertikal Kaltara dan kabupaten/kota. (TN-Adv/DKISP Kaltara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *