Kalimantan UtaraPemprov Kaltara

15 Purna Praja IPDN Siap Bertugas di Kaltara

Loading

TERASNKRI.COM | TANJUNG SELOR, KALTARA – Sebanyak 15 purna praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) asal Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) telah mengikuti penyerahan lulusan IPDN Angkatan ke-31 beserta dokumen persyaratan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024.

Acara tersebut dilaksanakan Kamis (15/8/2024) di Ruang Benuanta, Kantor Gubernur Kaltara, dan dihadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Datu (Dt) Iqro Ramadhan, S.Sos., M.Si.

Dt Iqro Ramadhan mengatakan bahwa momen ini merupakan awal dari perjalanan karir para purna praja di dunia kerja. Ia menekankan pentingnya memulai karir dengan baik agar dapat meraih kesuksesan di masa depan.

“Hari ini, purna praja Angkatan 31 memulai karir di dunia kerja. Inilah tantangan utama. Karir Anda masih panjang, dan awal inilah yang menjadi ujian. Jika memulai dengan baik, insya Allah ke depannya akan baik. Namun, jika dari awal sudah tidak baik, akan sulit memperbaikinya nanti,” ujarnya.

Baca Juga  Gubernur Terima Tabung Oksigen dari Kadin Untuk Percepatan Penanganan Covid-19

Dt Iqro Ramadhan juga mengingatkan bahwa para purna praja belum sepenuhnya diangkat menjadi PNS. Masih ada tahapan dan ujian yang harus dilalui sebelum mencapai status PNS 100 persen. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya bekerja dengan baik, disiplin, serta membangun relasi yang positif dengan pegawai lain di lingkungan OPD maupun di tempat tugas masing-masing.

Ia juga menyampaikan bahwa perjalanan baru sebagai pamong praja muda menuntut kemampuan untuk berkoordinasi dan berkolaborasi dengan seluruh komponen birokrasi. Selain itu, kemampuan membangun komunikasi yang baik, memahami aspirasi masyarakat, serta menghasilkan ide-ide inovatif dan efektif di daerah penugasan juga sangat diperlukan.

Baca Juga  Kaltara Mulai Intervensi Serentak Pencegahan Stunting

Mewakili Sekretaris Provinsi Kaltara, Dt Iqro Ramadhan mengucapkan selamat bertugas kepada lulusan IPDN Angkatan ke-31 yang telah menyelesaikan masa pendidikan selama empat tahun.

“Semoga purna praja Angkatan 31 ini mampu menjawab tantangan pemerintah dalam mengatasi berbagai permasalahan di setiap daerah. Sesuai dengan tujuan IPDN, yaitu menyiapkan kader pemerintahan yang berkualitas dan inovatif dalam ilmu pemerintahan,” tambahnya.

Sebagai informasi, lulusan IPDN Angkatan ke-31 asal Kaltara ini akan ditempatkan di berbagai wilayah. Sebanyak dua orang CPNS akan ditempatkan di pusat, enam orang di Pemprov Kaltara, dua orang di Kabupaten Bulungan, satu orang di Kabupaten Malinau, satu orang di Kabupaten Nunukan, satu orang di Kabupaten Tana Tidung, dan tiga orang di Kota Tarakan.

Baca Juga  Gubernur Hadiri Pelantikan Lembaga Adat Dayak Tenggalan

Dt Iqro Ramadhan juga berpesan agar para purna praja yang akan disebar ke seluruh kabupaten/kota memiliki loyalitas tinggi untuk menyerap aspirasi masyarakat dan berkontribusi dalam pengembangan daerah. “Pahami dan gali ide-ide lokal yang bermanfaat untuk menjalankan peran sebagai agen perubahan dengan visi dan misi Indonesia Emas 2045,” tutupnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Staf Ahli Bidang Aparatur Pelayanan Publik Ir. Syahrullah Mursalin, M.P., Plt Kepala BKD Kaltara Andi Amriampa, serta perwakilan dari BKPSDM kabupaten/kota. (TN-Adv/DKISP Kaltara)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *