Kalimantan UtaraPemprov Kaltara

Indeks Profesionalitas ASN Kaltara Masuk 5 Besar

Loading

TERASNKRI.COM | TANJUNG SELOR, KALTARA – Pemerintah Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) masuk 5 besar pada Indeks Proefsionalias (IPA) Aparatur Sipil Negara (ASN) oleh Kantor Regional VIII Badan Kepegawaian Negara (BKN). Adapun nilai indeks yang diperoleh 81.7 yang menempatkannya pada posisi ke 4.

Plt. Kepala BKD Kaltara, Andi Amriampa mengatakan keberhasilan ini tidak lepas dari 4 faktor yang terpenuhi, faktor tersebut terdiri dari Kualifikasi, Kompetensi, Kinerja dan Disiplin, Jumat (2/8/2024). “Sebenarnya kalau dari target kita berupaya semaksimal mungkin, karena kalau dilihat dari nilai optimal di setiap aspek itu memang masih ada beberapa faktor yang perlu ditingkatkan terutama di aspek kompetensi,” katanya.

Baca Juga  Berkat Listrik Gratis, 1.000 Keluarga di Kaltara Kini Nikmati Terang

Jadi seperti peningkatan kualifikasi dengan jalur pendidikan itu bisa melalui tugas belajar, tapi nanti dinilai setelah dia selesai pendidikan.

“Range masih bisa ditingkatkan, kalau range di kualifikasi sebenarnya nilai tertingginya 25 sementara kalau di aspek kompetensi nilai optimalnya 40. Sekarang Kaltara nilai Kompetensi 29.13 belum mencapai 30,” jelasnya.

Baca Juga  Tindaklanjut Investasi FFI, Dorong Ekonomi Daerah. Datu Iqro : Kita Tidak Bisa Bergerak Lambat

Andi mengungkapkan selama ini dalam rangka pencapaian nilai sehingga bisa terbaca di dalam sistem BKN, dilakukan beberapa upaya seperti melakukan rapat koordinasi dengan seluruh pejabat kepegawaian.
“Ada beberapa kali yang sudah kita lakukan itu dan selama ini memang kita melakukan pendampingan pada teman – teman di dalam upaya mencapai target penginputan data,” jelasnya.

Ia menuturkan dengan IPA ASN sebenarnya menggambarkan tingkat profesionalitas ASN Pemprov Kaltara, diharapkan sebenarnya dengan ukuran indeks ini, ASN Kaltara berada di posisi yang Baik atau Sangat Baik.

Baca Juga  Realisasi Belanja Daerah Kaltara Capai 90,09 Persen

“Karena di posisi 81.7 ini masih dalam kategori Baik, nanti kalau diangka 90 keatas maka akan masuk dalam kategori Sangat Baik, kita mengharapkan angka Sangat Baik itu yang bisa kita kejar, mudahan Kaltara bisa optimal dalam pencapaian itu,” tuntasnya. (TN-Adv/DKISP Kaltara)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *