MalukuNamlea

Masalah Kesehatan: Pencegahan Stunting dan Pelayanan KB Menjadi Fokus Satgas TMMD

Loading

TERASNKRI.COM | MALUKU, NAMLEA – Untuk menekan angka stunting atau masalah pertumbuhan pada anak akibat masalah gizi kronis, Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Kodim 1506/Namlea menggandeng Dinas (BKKBN) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional serta petugas ahli Gizi, menggelar penyuluhan KB dan stunting kepada warga di Desa Waeleman, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru, Kamis (16/05/2024).

Baca Juga  Wakil Bupati Minsel Pdt. Petra Yani Rembang M.Th Sidak Puskesmas Tumpaan

Kegiatan tersebut merupakan satu dari sekian sasaran program non fisik pada TMMD ke-120 di Desa Waeleman, sekaligus menjadi wujud kepedulian TNI terhadap kesehatan masyarakat.

Ketua Tim Penyuluh, Ibu Yuni Sakinah dalam kesempatan tersebut memberikan pemahaman tentang stunting dan mendorong masyarakat untuk lebih memperhatikan gizi anak, agar bisa tumbuh sehat dan mencegah terjadinya stunting, karena anak adalah generasi masa depan bangsa.

Baca Juga  Hasil Rapid Tes ke 2 Mahasiswa Waelata Non Reaktif, Dan Evakuasi 1 Orang Positif Rapid Tes Desa Waikase ke Penginapan Silta

Dia juga menjelaskan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah stunting, salah satunya dengan menjalankan program KB secara optimal, program 1000 hari pertama kehidupan (HPK) melalui pendampingan pengasuhan balita.

Baca Juga  Inisiatif Hebat, Satgas TMMD Bantu Perbaiki Lampu Warga Akibat Kabel Terputus

“Penyuluhan ini sangat penting dalam mendorong masyarakat untuk bersama-sama mencegah stunting, khususnya di Desa Waeleman, Kecamatan Waelata,” jelasnya.

Dia berharap, dengan digencarkannya penyuluhan terkait stunting dan pentingnya penyuluhan KB Kesehatan, dapat mencegah sekaligus menurunkan prevalensi stunting hingga mencapai target 14 persen pada tahun 2024. (Grace)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *