Nunukan

Kantor UPP Kelas III Sungai Nyamuk Rutinkan Patroli Guna Pastikan Kapal – Kapal Berlayar Sesuai Prosedur di Wilayah Perbatasan

Loading

TERASNKRI.COM | NUNUKAN, KALTARA – Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Sungai Nyamuk Syaharuddin, SE., SH., MH memastikan pihaknya akan rutin menggelar patroli bagi memastikan kapal – kapal yang berlayar di wilayah kerja UPP Kelas III Sungai Nyamuk sesuai prosedur.

“Kami berharap para awak kapal dapat mematuhi aturan yang berlaku diperairan khususnya Indonesia, baik tata cara berlalu lintas, pemuatan yang aman dan memiliki dokumen yang berlaku dan disertai surat persetujuan kegiatan atau persetujuan berlayar dari Syahbandar setempat” jelas Syaharuddin pada media ini, Minggu (12/5/2024).

Lebih lanjut Syaharuddin menyampaikan, patroli perbatasan akan terus dilakukan guna memastikan semua kapal-kapal yang melakukan aktifitas bongkar/muat selalu sesuai ketentuan sehingga tidak ada lagi yang tidak dilengkapi dokumen hal ini untuk menjamin keselamatan awak kapal muatan dan barang yang diangkut.

Baca Juga  Ikuti Upacara HBI Ke – 72, Bupati Laura : Semoga Imigrasi Semakin Profesional dan Berwibawa

“Patroli perairan akan selalu kami lakukan secara terus menerus karna hal itu sudah menjadi bagian dari tugas kami yakni penegakan hukum dibidang tindak pidana pelayaran sesuai bunyi Undang-undang 17 Tahun 2008 temtang Pelayaran, dan dijelaskan juga bahwa Syahbandar melaksanakan tugas sebagai Pejabat Penyidik Pegawai Negeri Sipil sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan” papar Syaharuddin.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Sungai Nyamuk/Syahbandar, Syaharuddin mengatakan bahwa dirinnya dan tim mengedepankan pembinaan dan persuasif kepada setiap pelaku kegiatan dilapangan guna mewujudkan asas manfaat, kepentingan umum, keterpaduan serta tegaknya hukum.

Baca Juga  Safari Ramadhan di Tulin Onsoi dan Sebuku, Bupati Laura Serahkan 35 Buku Nikah

“Kami melihat, alhamdullah secara perlahan terjadi perubahan yang positif baik para awak kapal, owner ship, agen dan lainnya dapat memahami pentingnya setiap kegiatan memiliki izin sehingga dalam kerja tidak timbul keraguan akan pelanggaran hukum” imbuhnya.

Pihaknya berharap Sebatik ini akan semakin maju dan berkembang dimulai dari sektor maritim mengingat Sebatik merupakan pulau dikelilingi lautan dan berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia sehingga dari sekarang harus di persiapkan baik pemahaman SDM dan juga transportasi laut yang laik operasional laut untuk menyambut kemajuan yang akan terjadi nantinya.

Baca Juga  Saksikan Pertunjukan Sinematografi, Bupati Laura Bangga Karya Anak Perbatasan

“Tindakan hukum juga dapat kami lakukan bila melihat hal tersebut sudah tidak dapat lagi diberikan peringatan atau hal-hal yang membahayakan keselamatan. Kami berharap patroli perairan ini dapat lebih menumbuhkan semangat kesadaran bagi setiap masyarakat yang beraktifitas di perairan bahwa pentingnya memiliki izin atau dokumen yang lengkap setiap kegiatan serta lebih mengutamakan keselamatan agar keselamatan dirinya dan harta bendanya terjaga dan melindungi lingkungan maritim” pungkas Kepala Kantor UPP Kelas III Sungai Nyamuk Syaharuddin. (TN/Syh)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *